Profil Gathan Saleh, Mantan Suami Dina Lorenza dan Cut Keke yang Terlibat Kasus Penembakan

ERA.id - Mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke, Gathan Saleh Halibi, diduga terlibat dalam kasus penembakan. Ia terlibat dalam insiden penembakan di daerah Jatinegara, Jakarta Timur, pada hari Kamis (08/02/2024).

Peristiwa itu bermula saat Mohammad Andika Mowardi (32) sedang berjalan sendirian setelah ia membeli makanan. Dia berjumpa dengan pelaku di wilayah parkir perkantoran. Namun, tanpa alasan apa pun, pelaku mendekat sambil mengeluarkan senjata api yang ia simpan.

Selanjutnya, terjadilah insiden penembakan tersebut. Di bawah ini akan kita bahas profil Gathan Saleh Hilabi.

Dari laporan, pelaku diduga terlibat dalam tindak kriminal seperti yang diatur dalam Pasal 338 KUHP mengenai Pembunuhan dan/atau Pasal 53 KUHP tentang Percobaan Tinak Pidana. Atau bisa juga Pasal 1 ayat 1 dari UU Darurat No. 12 tahun 1951 tentang barang siapa yang tanpa hak memasukkan, memiliki dan menggunakan senjata api atau bahan peledak.

Profil Gathan Saleh, mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke

Gathan merupakan mantan suami dari dua artis senior Indonesia, yaitu Dina Lorenza dan Cut Keke. Pada bulan November 2001, Gathan Saleh secara resmi menikahi Cut Keke, tetapi hubungan mereka berakhir pada tahun 2005.

Selanjutnya pada tahun 2008, Gathan Saleh meminang Dina Lorenza. Setelah sepuluh tahun hidup bersama, Gathan dan Dina Lorenza juga bercerai pada tahun 2018. Dari pernikahan keduanya, lahir seorang putri yang bernama Najla Gathan Hilabi.

Cut Keke - Dina Lorenza (Instagram @dinalorenza1975)

Pernah terlibat kasus penjualan senjata api ilegal

Pada tahun 2011, Gathan Saleh Hilabi ikut terseret dalam kasus dugaan penipuan terkait perdagangan senjata api serta pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal.

Persoalan ini berawal saat Abdul Hakim melaporkannya sebab tidak mendapatkan dokumen izin kepemilikan senjata api padahal ia sudah membayar lebih dari Rp50 juta kepada Ghatan Saleh Hilabi.

Walaupun demikian, Gathan menolak tuduhan tersebut. Ia menyebutkan tidak pernah terlibat dalam transaksi jual-beli senjata api secara ilegal. Menurutnya, kerjasamanya dengan Abdul hanya berhubungan dengan pengiriman TKI ke luar negeri.

Sempat terjerat kasus penganiyaan asisten Nathalie Holscher

Pada tahun 2019, Gathan Saleh ditangkap karena diduga sebagai pelaku tindak penganiayaan terhadap Steffano Ellya Tintingon, asisten Nathalie Holscher. Insiden tersebut berlangsung setelah Gathan ditegur karena mencoba menggoda Nathalie Holscher.

Gathan selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap asisten Nathalie Holscher. Namun, permasalahan tersebut akhirnya selesai dengan kesepakatan bersama.

Ditangkap karena kasus narkoba

Pada tahun 2021, Polres Purwakarta memberikan informasi bahwa Gathan Saleh Hilabi dan seorang yang diidentifikasi sebagai F telah ditangkap di sebuah vila di Purwakarta.

Tindakan penangkapan dilakukan karena dugaan kepemilikan narkoba jenis ganja oleh keduanya. Dalam penangkapan tersebut, ditemukan pula barang bukti satu plastik klip bening berisi ganja, satu bungkus rokok berisi dua linting ganja, satu linting ganja, senpi glock Austria dan 73 butir peluru.

Demikianlah ulasan tentang Gathan Saleh, mantan suami Dina Lorenza dan Cut Keke yang telibat dalam kasus penembakan beberapa waktu lalu.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…