Menyingkap Makna Mendalam di Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

ERA.id - Sutradara Joko Anwar menceritakan pengalamannya saat menggarap film Siksa Kubur. Film horor tersebut rencananya akan dirilis bertepatan pada momen libur Lebaran 2024 mendatang. Film Siksa Kubur menceritakan betapa mengerikan penyiksaan di dalam kubur bagi mereka yang tak beriman.

Joko Anwar mengatakan seluruh pemain film Siksa Kubur mendalami karakternya sesuai arahan. Dalam kesempatan itu, Joko Anwar memberikan alasan menggarap film Siksa Kubur.

"Ingin membuat film yang lebih punya makna mendalam. Secara film mungkin tetap enak untuk diikuti, tetapi keluar bioskop ada yang dibawa dan bisa tinggal lama dalam hati," ujar Joko Anwar, saat ditemui di Jl. H. R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu (13/3/2024).

Sutradara film Pengabdi Setan ini juga menceritakan proses dibalik pembuatan film Siksa Kubur. Selain horor, film Siksa Kubur juga menceritakan soal keimanan yang dilihat dari perspektif agama Islam.

"Ketika mempersiapkan film mulai penulisan skenario sampai mengadakan workshop dengan pemain. Tujuannya adalah bagaimana supaya ceritanya kuat karakternya, bukan sekedar jedar jedor," jelasnya.

"Bagaimana kita membuat film religius kental, harus sesuai ajaran agama. Ini tantangan tersendiri karena kita ingin ceritanya telate tapi berisi muatan sesuai dengan apa yang kita pelajari," lanjutnya.

Joko Anwar mengatakan film horor religi ini akan berbeda dari karya-karya yang pernah dibuatnya. Film ini juga memiliki makna dibalik kehidupan di alam kubur setelah kematian manusia.

"Sejak kecil saya lahir sebagai Muslim dan sudah mendengar tentang siksa kubur, belajar tentang siksa kubur. Jadi semua harus relate," imbuhnya.

"Bagian menantang adalah kita pengen semua karakter dihidupkan dengan kuat sekali dan saya setiap hari tidak pernah berhenti berterima kasih bahwa para aktor-aktor yang luar biasa, sudah berkecimpung di dunia film dan betul-betul talenta terbaik." lanjutnya.

Film Siksa Kubur rencananya akan tayang pada 10 April 2024. Diketahui bahwa ada 20 orang aktor yang membintangi film Siksa Kubur garapan sutradara Joko Anwar, mulai dari Faradina Mufti, Reza Rahadian, Fachri Albar, Happy Salma, Widuri Puteri, Muzakki Ramadhan, Slamet Rahardjo Djarot, Christine Hakim, Arswendy Bening Swara, Niniek L. Karim, Putri Ayudya, dan masih banyak lagi.