Pelamar Prioritas CPNS 2024, Fresh Graduate dengan Kemampuan Digital Diutamakan

ERA.id - Pemerintah telah memastikan program penyelenggaraan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2024, termasuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pendaftaran CASN tahun 2024 direncanakan akan dilakukan sebanyak tiga gelombang.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah mendapatkan usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta. Kementerian PANRB pun telah menentukan total formasi sejumlah 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap.

Dari jumlah kuota yang dibutuhkan, ada beberapa kriteria tertentu yang sangat dicari. Berikut CPNS dengan spesifikasi yang memiliki peluang prioritas paling dibutuhkan

1. Fresh graduate yang menguasai kemampuan digital

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menginformasikan, ada beberapa prioritas CPNS 2024, salah satunya yaitu lulusan baru atau fresh graduate yang menguasai kemampuan digital. Ia menyebutkan, pemerintah akan mempersiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang digadang-gadang sebagai akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

Arah kebijakan tersebut dinilai akan mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, produksi UMKM, perindustrian, pariwisata, hingga perdagangan.  

Ilustrasi fresh graduate (Gambar Albert Vincent Wu - Unsplash)

"Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor hilir, seperti digital marketing, tetapi juga di sektor hulu di lini produksi," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (14/3/2024) lalu.

Sebagai contoh, menurut Anas, pada daerah basis pertanian, untuk membantu para petani lokal, pemerintah akan merekrut ASN talenta digitalisasi sektor pertanian.

Sementara itu, pada wilayah basis industri kecil, pemerintah mempunyai rencana untuk merekrut ASN talenta digital untuk membantu mewujudkan smart factory dan menambah efisiensi industri kecil sekitar.

2. Formasi CPNS 2024 untuk APIP dan IKN

Selain talenta digital dari kalangan lulusan baru, CPNS 2024 juga memprioritaskan pada bagian bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan juga pemenuhan sumber daya manusia (SDM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. SDM APIP yang bisa direkrut oleh instansi pemerintah, antara lain auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

"Karena hampir di seluruh daerah sekarang kekurangan auditor, oleh karena itu kami minta auditor dipersiapkan di formasi dengan baik," Anas menjelaskan.

Kementerian, lembaga, ataupun pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan ketersediaan formasi dengan mengusulkan CPNS untuk IKN.

Sehingga, menurut Anas, usulan formasi akan mampu memenuhi proyeksi kebutuhan ASN secara nasional. Selain pembukaan formasi CPNS khusus IKN pada tahun 2024, perekrutan ASN di Nusantara juga direncanakan bersumber dari pemindahan ASN kementerian atau lembaga satuan kerja pusat.

3. Formasi fresh graduate diberi porsi lebih besar

Pemerintah juga merencanakan untuk mengadakan kebijakan afirmatif agar dapat menyediakan kuota khusus bagi putra-putri terbaik di Kalimantan Timur, serta mutasi pegawai ASN pemerintah daerah di wilayah Kalimantan Timur.

Adapun dalam rekrutmen ASN tahun ini, akan terdiri dari dua kategori, yaitu:

  • CPNS yang dapat dilamar oleh fresh graduate
  • Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang sudah tercatat dalam basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Itulah ulasan mengenai pelamar prioritas CPSNS 2024, semoga bermanfaat bagi Anda yang berniat untuk mencoba mengikuti perekrutan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…