Jenis-jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Penyebabnya

ERA.id - Ikan merupakan salah satu makanan berprotein tinggi. Maka tak heran bila menu ikan sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak bayi di dalam janin.

Namun, tahukah Anda, bahwa ada ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Dilansir dari Mayo Clinic, ikan-ikan yang dilarang itu memiliki banyak kandungan merkuri yang dapat membahayakan sistem saraf bayi.

Sehingga, makin besar dan tua ikan yang dikonsumsi, makin besar pula kemungkinan kandungan merkuri di dalamnya. Itulah mengapa Food and Drug Administration (FDA) mengingatkan ibu hamil agar tidak mengonsumsi ikan berkadar merkuri tinggi.

"Sayangnya, beberapa jenis ikan mengandung merkuri, yang bisa memengaruhi janin atau perkembangan neurologis anak," jelas Mira Ilic, R.D., ahli nutrisi di Cleveland Clinic Foundation, melansir Women's Health Magazine.

Di bawah ini adalah lima jenis ikan yang tidak aman dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

1. Hiu

Ikan hiu mengandung kadar merkuri sangat tinggi. Kenapa demikian? Sebab, dalam rantai makanan kehidupan laut, ikan hiu menempati urutan teratas. Hiu memakan ikan lain jenis apa saja, sehingga wajar jika terdapat kandungan merkuri yang sangat tinggi dalam dagingnya.

Ilustrasi hiu. (Wikimedia Commons/Alexander Vasenin)

2. King mackarel atau raja makarel

Ikan makarel tentunya sering Anda dapatkan di pasar atau supermarket, baik dalam keadaan segar atau yang sudah dikalengkan. Namun, berbeda dengan raja makarel yang berat rata-ratanya mencapai 40 kilogram, ikan jenis ini sebaiknya tidak dimakan sebab mengandung merkuri yang berisiko menjadi racun bagi tubuh kita.

3. Swordfish atau ikan todak

Ikan todak merupakan ikan buas berukuran besar yang juga termasuk predator terbaik di ekosistem laut. Demi bertahan hidup, pola makan yang sembarangan pada ikan ini sangat memengaruhi kandungan merkuri dalam tubuh ikan todak.

Ilustrasi swordfish atau ikan todak. (Unsplash)

4. Albacore tuna atau tuna putih

Ikan dari spesies tuna umumnya layak dikonsumsi. Namun, khusus jenis Albacore ini harus Anda batasi sebab mengandung merkuri yang lebih tinggi. Batasan aman dalam mengonsumsi ikan jenis ini maksimal 6 ons (170 gram) dalam seminggu.

5. Tilefish

Ikan yang tergolong keluarga Malacanthiade ini umumnya ditemui di perairan Teluk Meksiko. Tilefish dengan ukuran kecil umumnya dijadikan ikan hias, adapun yang besar tidak dianjurkan dikonsumsi sebab mengandung kadar merkuri yang tinggi.

Hal yang pasti, beberapa jenis makanan laut mengandung sedikit merkuri. Pedoman Diet 2015 - 2020 untuk orang Amerika menyarankan, dalam seminggu ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 8 hingga 12 ons (dua atau tiga porsi) makanan laut.

Nah, di bawah ini adalah ikan dan makanan laut yang aman dikonsumsi selama hamil:

  • Pollock
  • Teri
  • Kod
  • Nila
  • Trout
  • Udang
  • Salmon
  • Lele
  • Tuna kaleng ringan

Demikianlah ulasan mengenai ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Anda juga disarankan untuk konsultasi dengan dokter kandungan mengenai makanan yang aman bagi kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…