Gempa M 6,5 Guncang Tuban, Getaran Terasa hingga Jakarta

ERA.id - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,5 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024). Gempa dengan kedalaman 10 Km ini pun turut dirasakan oleh warga Jakarta.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa susulan di Tuban terjadi pada pukul 15.52 WIB dengan kekuatan magnitudo (M) 6,5.

Pusat gempa tercatat berada di lokasi 132 Km Timur Laut Tuban, Jawa Timur, 152 Km Timur Laut Rembang, Jawa tengah, 153 Km Barat Laut Lamongan, Jawa Timur, dan 175 Km Barat Laut Surabaya, Jawa Timur.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono S.Si., M.Si dalam pernyataan resminya, Jumat (22/3/2023).

Daryono juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk mengecek bangunan tempat tinggal dan memastikan semuanya dalam keadaan aman.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupuntidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujaranya.

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 6,5 ini turut dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di Surabaya, Malang, Solo, Kebumen, Madura, Madiun, Yogyakarta, Indramayu, Nganjuk, hingga Jakarta. Meski demikian, BMKG memastikan gempa dengan kedalaman 10 Km ini tidak berpotensi tsunami.

Sejauh ini, gempa bumi di Tuban tercatat sudah 16 kali terjadi dengan kekuatan berbeda-beda. BMKG melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, pada Jumat siang pukul 11.22 WIB.

BMKG mencatat gempa susulan terjadi lebih dari lima kali sejak gempa awal dengan magnitudo 6,0 pada Jumat pukul 11.22 WIB di 132 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Hingga Jumat pukul 13.18 WIB masih terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,5, sebelumnya terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,0 pada pukul 13.09 WIB, kemudian pukul 13.06 WIB gempa dengan magnitudo 3,6, dan pukul 13.05 WIB gempa dengan magnitudo 4,1. Dari data BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami.