Menhub Minta Kapolda Antisipasi Pasar Tumpah, Jalur Laut, dan Udara Saat Libur Idulfitri 2024

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta kapolda-kapolda untuk mengantisipasi munculnya pasar tumpah saat libur Idulfitri 2024. Antisipasi ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan.

"Saya memang mengimbau kepada beberapa kapolda karena pasar tumpah itu selalu menjadi masalah. Oleh karenanya, Kapolda di Jabar Jawa Barat), Jateng (Jawa Tengah), Jatim (Jawa Timur) harus segara melaksanakan koordinasi tentang itu," kata Budi usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Budi lalu meminta masyarakat untuk tidak pergi mudik dengan menggunakan sepeda motor. Sebab, potensi kecelakaan lalu lintas dengan sepeda motor cukup tinggi. Masyarakat bisa mudik dengan memakai layanan mudik gratis yang disiapkan pemerintah.

Menhub juga meminta Kapolda Kepulauan Riau (Kepri), Kapolda Jatim, Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk mengantisipasi jalur-jalur laut agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

"Dan yang terakhir adalah karena (Bandara) Soetta dan (Bandara) Ngurah Rai akan penuh, saya mohon kepada Pak Kapolri dan Kapolda Banten dan Kapolda dari Bali untuk memberikan perhatian pada dua titik itu," ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut stok bahan pokok seperti beras, gula, ayam, telur, bawang, cabai, dan lainnya tercukupi. Harga-harga bahan pokok juga disebutnya tidak melonjak tinggi.

Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dan tak membeli bahan-bahan pokok secara berlebihan. "Jadi sekali lagi kami mengimbau tidak usah beli berlebih, membeli secukupnya," ucap Zulhas.