Setelah Lebaran, PDIP Bakal Konsolidasi soal Pilkada 2024

ERA.id - PDI Perjuangan akan menggelar konsolidasi untuk membahas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 setelah lebaran. Langkah ini merupakan arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dari ibu ketua umum sudah memberikan arahan, bahkan kita sudah menyusun jadwal-jadwal agenda strategis terkait dengan pilkada. Dalam waktu dekat setelah lebaran nanti akan langsung dilakukan konsolidasi paetai dalam rangka pilkada," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Dia tak merinci lenbih lanjut mengenai arahan Megawati. Namun dia mengatakan, hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 menjadi modal yang baik untuk PDIP.

"Di tengah gempuran yang sangat masif, PDI Perjuangan masih dipercaya rakyat untuk menang di tingkat pusat bahkan di tingkat kabupaten/kota, suara, kursi yang dikumpulkan justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 yang lalu. Sehingga ini menjadi modal politik yang sangat baik,” tegasnya.

Selain itu, PDIP memastikan sekitar 171 calon kepala daerah incumbent akan siap untuk maju kembali.

Lalu, peluang kerja sama juga terbuka untuk menyongsong Pilkada 2024. Tak terkecuali dengan partai yang ada di luar pendukung pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, Hasto juga mengamini adanya komunikasi dengan kepala daerah yang bukan dari partainya. Salah satunya adalah Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubernur Jawa Timur.

“Komunikasi-komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jawa Timur (kami) berkomunikasi dengan Mbak Khohfifah. Apapun beliau seorang Gubernur Jatim,” pungkas Hasto.