Demi Keselamatan Pemudik Kapolri Minta Tes Urine Sopir Bus: Cek Secara Ketat

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit melakukan pengecekn persiapan pos terpadu dan pos pelayanan dan pengecekan tes urine bagi pengemudi bus di mamen masa mudik lebaran, di Terminal Purabaya atau Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (4/4/2024).

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung, terkait dengan kesiapan dari fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan yang ada di Terminal Purabaya,” kata Jendral Sigit disela meninjau.

Jendral Sigit mengatakan secara umum Terminal Purabaya telah siap melaksanakan pelayanan selama periode mudik lebaran. Ia meminta untuk pemeriksaan tes urine bagi sopir harus diperhatikan secara ketat.

Selain itu, ia menyebut pelayanan kesehatan untuk penumpang maupun pengemudi, serta pos polisi yang siap melayani bila terdapat gangguan kriminalitas.

“Tadi kami pesan tolong betul-betul dilakukan pengecekan terhadap para pengemudi, untuk memastikan pada saat membawa penumpang, pengemudi dalam keadaan sehat, dalam keadaan prima dan tidak ada masalah-masalah,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jendral Sigit mengingatkan agar petugas terus bersiaga, pasalnya kata dia, mendekati hari H lebaran Terminal Purabaya diprediksi akan makin dipadati penumpang.

“Saya kira karena ini sangat padat, dan mendekati hari H-3 terus akan meningkat, tentunya kita minta untuk seluruh petugas yang ditugaskan untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” terangnya,

Ditempat yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Agus Subiyanto menyatakan bahwa Terminal Purabaya merupakan terminal yang terbesar dan tersibuk di Jawa Timur.

Karena itu, Budi menegaskan, pengecekan Polri dan TNI jadi sangat penting untuk memastikan keamanan selama periode mudik.

“Terminal ini adalah yang terbesar dan tersibuk, kehadiran TNI-Polri sangat penting, berkaitan dengan keamanan,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi meminta, agar pihak terminal memastikan bus-bus yang melayani penumpang atau pemudik ini harus sudah melalui ramp check. Begitu juga pengemudinya.

“Yaitu saya menitipkan pada rekan-rekan yang bertugas ini melakukan ramp check, pada bus-bus yang akan berangkat,” ujar

Ia juga memastikan, untuk pengecekan kesehatan pengemudi maupun kendaraan bus dipastikan dalam keaadan baik dan aman.

“Kalau kesehatan sudah dicek, busnya juga dicek, InsyAllah kalau orangnya bisa melaksanakan dengan baik, orangnya sehat, busnya sehat, dan taat pada peraturan InsyaAllah ini berjalan baik,” pungkasnya.