PDIP Sumut Ogah Dukung Bobby Nasution di Pilgub 2024: Pendaftaran pun Tak Dilayani

ERA.id - PDI Perjuangan Sumatera Utara menegaskan tidak akan mendukung Bobby Nasution dalam kontestasi Pilkada serentak 2024. Sedangkan menantu Presiden RI, Joko Widodo itu memberikan sinyal bakal maju pada Pilgub Sumut.

Hal ini ditegaskan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon yang menyebutkan, jika status Bobby Nasution bukan lagi kader partai berlambang Banteng itu. Inilah menjadi alasan PDIP Sumut tidak akan mendukung atau mengusung Bobbt Nasution sebagai kepala daerah.

"Bobby Nasution ya, itu kan sudah dipecat. Terus mau ngapain dia di PDI Perjuangan," kata Rapidin kepada wartawan di Medan, Sabtu (6/4/2024).

Rapidin menegaskan, dengan status pemecatan itu, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini pun tak akan memberi restu kepada suami Kahiyang Ayu itu maju sebagai calon kepala daerah. Katanya, pihaknya tidak akan menerima berkas pendaftaran Bobby Nasution bila mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Sumut.

"Saya pastikan, kalau yang sudah dipecat, pendaftarannya pun tidak dilayani. Itu jelas," tegas mantan Bupati Samosir itu.

Rapidin mengungkapkan DPD PDIP Sumut tidak mau ambil resiko memberikan dukungan kepada Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024. Hal ini akan berakibat fatal, bahkan hingga dipecat sebagai kader oleh DPP PDI Perjuangan

"Ya jelas lah (tidak dukung Bobby). Kita-lah dipecat, kalau sempat mendukung (Bobby Nasution)," ucap Rapidin.

Sebelumnya, Bobby Nasution menyatakan bakal maju dalam kontestasi Pilgub Sumut 2024. Menantu Presiden RI, Joko Widodo itu yang kini menjabat sebagai Wali Kota Medan sejak 26 Februari 2021 dan akan berakhir Desember 2024.

"Insyaallah," tutur Bobby Nasution di Mapolda Sumut, Rabu (13/3/2024) menjawab pertanyaan wartawan soal dirinya bakal maju pada Pilgub Sumut 2024.

Meski bakal maju, Bobby mengaku belum arah politik yang berkembang terkait Pilgub Sumut. Kata suami Kahiyang Ayu itu, dirinya masih fokus pada jabatannya sekarang sebagai Wali Kota Medan.

Soal majunya Bobby pada Pilgub Sumut ini memang sejumlah partai sudah memberikan sinyal bakal mengusung adik ipar Gibran Rakabuming Raka itu. Dukungan tersebut sejumlah partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adalah Partai Gokar yang pertama kali menyatakan dukungan kepada Bobby, pada 21 November 2023. Menyusul Partai Amanat Nasional (PAN) akan mendukung Bobby yang disampaikan langsung Ketua Umum, Zulkifli Hasan, Jumat 15 Desember 2023.

Dan, Prabowo Subianto saat kampanye Pilpres di Sumut, menyatakan langsung jika Partai Gerindra memberikan dukungannya secara lisan kepada Bobby maju pada Pilkada Serentak 2024.