Gagal Masuk Senayan, PSI Optimis Sukses di Pilkada 2024

ERA.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimis bisa sukses dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 meski gagal lolos ke Senayan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep mengatakan, partainya memiliki modal yang baik untuk maju bersaing pada pilkada. Sebab, PSI meraih kursi yang cukup banyak di pileg tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Kami di tingkat nasional enggak masuk ke Senayan, tapi alhamdulillah anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang dari awalnya 2019 ada 72, alhamdulillah sekarang kita punya 180," kata Kaesang di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2024).

"Jadi salah satu modal yang cukup baik buat kita semua," sambungnya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menyebut, tokoh-tokoh yang akan diusung dalam pilkada mendatang haruslah sosok yang memiliki kompeten sebagai kepala daerah. Dia pun berkelakar agar kader PSI bisa maju di seluruh wilayah dalam kontestasi tersebut.

"Dimana pilkada ini harus diisi oleh orang-orang yang berkompeten, kalau bisa ya, kalau dari saya pribadi selaku Ketua Umum PSI ya saya kalau bisa diisi (kader) PSI semua, pengennya," ujar Kaesang.

"Karena kalau yang kita lihat sekarang, kita punya beberapa yang mungkin cukup banyak kursinya. Salah satunya di Jakarta," imbuh dia.

Sebelumnya, PSI gagal lolos ke Senayan. Sebab, PSI belum mampu memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 4 persen. 

Berdasarkan data rekapitulasi KPU, PSI hanya meraup suara sebanyak 4.260.169. Dengan demikian, partai ini memperoleh 2,8 persen dari total suara sah sebanyak 151.796.630.

Adapun sesuai Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, partai politik yang gagal mengantongi suara minimal 4 persen dari suara sah, maka tidak bisa menempatkan wakilnya di kursi DPR RI.