Pemberdayaan Perempuan di Berbagai Bidang Pekerjaan untuk Teruskan Semangat Kartini

ERA.id - Masih dalam semangat Hari Kartini, Driving Empowerment: Celebrating Kartini’s Day With inDrive digelar pada Jumat (26/4/2024). Pemberdayaan perempuan yang semakin pesat saat ini di berbagai bidang pekerjaan menjadi topik utama dalam acara tersebut. 

Model dan presenter Intan Aletrino mengatakan bahwa perempuan saat ini memang sudah berkecimpung di bermacam-macam pekerjaan, termasuk yang didominasi oleh laki-laki. Ini membuktikan bahwa perempuan juga merupakan sosok yang tangguh dan bisa bersaing di era saat ini.

“Zaman sekarang wanita diberikan kesempatan yang sama untuk bisa berpartisipasi, berkarier, hingga fokus sama keluarga dengan urus anak di rumah. Aku salah satu orang yang sejak kecil sangat kagum melihat bus yang dikendarai atau sopirnya adalah wanita,” kata Intan Aletrino, di kawasan Blok M, Jakarta, Jumat (26/4/2023). 

Salah satu bidang pekerjaan yang juga semakin melibatkan perempuan adalah pengendara ojek atau taksi online. inDrive termasuk perusahaan yang memberdayakan perempuan di bidang tersebut. 

Ira Novita sebagai perwakilan driver perempuan inDrive mengungkap bahwa sebagai sopir taksi online memilki banyak tantangan. Mulai dari menghadapi berbagai penumpang dengan karakter berbeda, waspada terjadinya pelecehan seksual, kemacetan, hingga kondisi cuaca. 

Meski dengan semua tantangan tersebut, Ira Novita tetap merasa bersyukur perempuan bisa dipekerjakan di bidang tersebut. Bekerja sebagai sopir taksi online membuatnya punya penghasilan sendiri dan mengatur waktunya dengan baik antara bekerja dan keluarga.

“Kita yang mengatur waktu kita sendiri, kita yang mengatur penghasilan kita sendiri,” tutur Ira Novita. 

Pada acara ini, inDrive memberikan apresiasi bagi pengemudi perempuan senilai Rp2 juta. Hal ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada para driver perempuan tetap menjalani pekerjaan mereka dengan banyak tanyangan yang ada.

“Untuk pengemudi wanita kita sangat apresiasi karena itu tidak mudah dijalani dan dengan segala mungkin keterbatasan mereka, mereka masih tetap bergerak jalan,” pungkas Macro-Regional Drivers Branding Team Leader (APAC) inDrive Indonesia, Revi Fizano.