Anjuran Minum Kopi bagi Penderita Diabetes

ERA.id - Siapa bilang penderita diabetes tidak dianjurkan minum kopi setiap hari? Diabetesi tetap bisa menikmati minuman kopi asalkan diolah dan dinikmati dengan cara yang tepat.

Menurut Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia, dr. Roy Panusuan Sibarani, minum kopi bagi penderita diabetes memang memiliki aturan tertentu.

Takaran gula pada kopi bagi pasien diabetes disarankan hanya setengah sendok teh gula saja, tidak boleh kebanyakan karena akan berpengaruh pada kadar gula darah tubuh.  

“Semua pasien saya boleh makan gula, tapi kalau makan gula jangan kebanyakan. Misalnya mau minum kopi, setengah sendok teh gula,“ ujar Dokter Roy. 

Dokter Roy juga mengingatkan agar pasien diabetes menghindari konsumsi produk kopi kemasan karena berbahaya dengan jumlah gula yang sudah ditentukan. Ia menyarankan untuk mengonsumsi kopi yang dalam pembuatannya bisa mengatur jumlah gula sendiri. 

“Yang kemasan itu bahaya ya, termasuk kopi yang kemasan. Yang di plastik, di botol, itu sebaiknya jangan. Konsumsilah yang segar, yang takarannya bisa diatur,” tuturnya. 

Tak hanya itu, pasien diabetes juga harus konsisten menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Mulai dari konsumsi makanan sehat hingga olahraga yang teratur. 

“Kombinasi hidup yang baik. Makan yang benar, olahraga yang teratur, sampai usia yang seberapa juga bergerak ya, mau 80 tahun atau 90 tahun,” pungkas Dokter Roy.