Inovasi Parfum yang Aromanya Dikreasikan dengan Teknologi AI

ERA.id - Penggunaan parfum saat ini tidak hanya meningkatkan suasana hati seseorang dan memberikan kesan positif pada penampilan, tetapi juga mengomunikasikan kepribadian melalui beragam aroma yang unik. 

Hal ini telah menarik minat masyarakat dalam mengintegrasikan parfum dalam kehidupan sehari-hari, seiring dengan pertumbuhan industri parfum lokal Indonesia yang semakin pesat. 

Dalam menghadapi hal itu, merek lokal berlomba-lomba menghadirkan parfum berkualitas tinggi dengan sentuhan lokal yang khas, menyesuaikan diri dengan preferensi dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini, merek parfum lokal HINT mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) yang disebut Metaverse Eau De Parfum (EDP). 

Parfum inovatif ini berkolaborasi dengan AI Technology, menampilkan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup. 

"Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian produk parfum yang berkualitas dan tetap lekat dengan identitas masyarakat Indonesia. Parfum ini pun menjadi bagian dari kampanye Shopee 5.5 Voucher Kaget," jelas Irene Ursula, Founder BeautyHaul Group dalam keterangan persnya. 

Penciptaan aroma yang dibantu teknologi AI

Parfum dengan teknologi AI (Dok. HINT)

Metaverse EDP telah dikembangkan dengan menggunakan teknologi AI yang menciptakan aroma yang unik dan lebih personal. 

HINT memanfaatkan kemampuan AI untuk memahami dan menganalisis pola kompleks dalam aroma, sehingga parfumnya hadir dengan aroma yang belum pernah ada sebelumnya.

Persiapannya tercipta sejak tahun 2023 di Brazil yang mengumpulkan dan menganalisis data tentang preferensi aroma favorit dari para pengguna. 

Aroma yang dihasilkan dari Metaverse EDP ini dapat disesuaikan dengan preferensi dan ekspektasi pengguna tersebut.

Parfum ini pun dihadirkan sebagai parfum yang genderless, dengan notes yang disenangi baik pria atau perempuan.

Secara keseluruhan, parfum dengan adopsi teknologi AI ini memiliki aroma manis flowery yang unik dan dapat meningkatkan mood penggunanya menjadi lebih positif. 

Untuk top notesnya memiliki sentuhan aroma dari ginger, aldehydes dan red fruits. Setelah beberapa saat di kulit, aroma mid notesnya berupa jasmine, orange blossom, dan tuberose. 

Sedangkan pada base notesnya memiliki sentuhan patchouli, incense, vanilla, honey dan vetiver. 

Peluncuran parfum Metaverse EDP dari HINT hadir ditemani dengan berbagai promo eksklusif yang hanya tersedia di e-commerce seperti Shopee. 

Pengguna platfom belanja berwarna oranye itu pun berkesempatan mendapatkan potongan harga hingga 20 persen dan gratis engraving selama periode terbatas. 

Menanggapi kehadiran parfum teranyar dari HINT, Daniel Minardi, Director Business Partnership Shopee Indonesia turut menyampaikan,

“Beragam pilihan produk dihadirkan, salah satunya parfum lokal, yang saat ini banyak menarik perhatian masyarakat khususnya melalui teknologi, kualitas serta harga terjangkau yg ditawarkan."

"Kami sangat senang sekali dapat menghadirkan platform, yang tidak hanya memberikan ragam pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan pengguna, tetapi juga menjadi rekan perjalanan bagi brand lokal yang ingin mengembangkan usaha mereka," ujar Daniel.