Begini Reaksi Selebritas Indonesia Kesal dengan Wasit di Piala Asia U-23 AFC

ERA.id - Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Uzbekistan di laga semifinal Piala AFC U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, pada Senin (29/4/2024). Pertandingan memantik kemarahan dan kekecewaan masyarakat Indonesia, termasuk para selebriti. 

Bukan kepada pemain Timnas Indonesia, tetapi kemarahan selebriti mengarah kepada wasit pertandingan tersebut, yakni Shen Yinhao. Ini karena banyak keputusan wasit tersebut yang dinilai kontroversial dan terlalu memihak. 

Salah satunya adalah Darius Sinathyra, yang mengunggah foto para pemain Timnas Indonesia di Instagram dan memberikan pujian kepada mereka. Namun, Darius kemudian mengungkap kekesalannya terhadap wasit dan menjabarkan keputusan wasit yang dinilainya kontroversial.

“Garuda Muda, kita telah melawan Nak, Nyo. Sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya!” tulis Darius Sinathyra. 

“Semua dihancurkan wasit VAR Thailand kampret yang memang tak mau Indonesia melebihi negaranya, manusia paling bangsat dia!! VAR pelanggaran dianulir, VAR gol Ferrari dianulir, VAR Rizky Ridho kartu merah,” tambahnya. 

Meski demikian, Darius tetap memberikan semangat kepada Timnas Indonesia untuk pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Guinea. Ia mengaku bangga kepada mereka apa pun hasilnya nanti.

Sutradara Hanung Bramantyo juga buka suara terkait pertandingan tersebut. Ia mengakui bahwa Uzbekistan memang lebih unggul dibanding Indonesia, tetapi ia juga menyoroti wasit pertandingan.

“Timnas main bagus banget. Kelihatan banget upayanya. Tapi memang harus diakui Uzbekistan kuat. Ditambah wasitnya matane kesipiten poll. Lengkap deh drama bola sore ini,” tulis Hanung Bramantyo. 

Raffi Ahmad melalui Instagramnya juga menanggapi pertandingan tersebut, dengan mengunggah video foto sang wasit dengan tulisan “#WasitMasihCurang #AFCCheatingAgain”. Ia juga meminta netizen untuk memberikan komentar.

“Silahkan isi comment dan ungkapkan isi hati kita bersama,” tulis Raffi Ahmad. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh Atta Halilintar. Ia juga mengunggah foto wasit tersebut dan meminta netizen untuk berkomentar tentangnya. 

“100 kata buat wasit. Silahkan,” tutur Atta Halilintar.