Tutup Ratusan Gerai Imbas Boikot, KFC Malaysia: 85 Persen Pekerja Kami Muslim

ERA.id - Ratusan gerai makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) di Malaysia ditutup sementara menyusul aksi boikot atas konflik di Gaza. Sejumlah karyawan yang bekerja pun diberi pilihan untuk pindah ke gerai yang tetap buka.

Menurut laporan harian Tiongkok Nanyang Siau Pau, sebanyak 108 gerai jaringan Amerika itu berhenti beroperasi. Negara bagian Kelantan adalah wilayah yang paling terkena dampaknya, dengan hampir 80 persen toko mereka, atau hingga 21 gerai, terkena dampaknya.

Menurut laporan, berdasarkan informasi dari Google Maps, 15 toko di Johor juga ditutup sementara, serta masing-masing 11 toko di Selangor dan Kedah, 10 toko di Terengganu, 10 toko di Pahang.

Lalu, 9 toko di Perak, 6 toko di Negeri Sembilan, 2 toko di Perlis, 2 toko di Malaka, 5 toko di Penang, 3 toko di Kuala Lumpur, dua di Sarawak dan satu di Sabah.

QSR Brands yang memiliki dan mengoperasikan KFC di Malaysia, Singapura, Brunei, dan Kamboja mengatakan bahwa sebagai respons terhadap kondisi ekonomi yang menantang, mereka telah mengambil langkah proaktif untuk menutup sementara gerai sebagai cara untuk mengelola peningkatan biaya bisnis dan fokus pada zona perdagangan dengan keterlibatan tinggi.

Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 29 April, mereka mengatakan bahwa karyawan dari gerai yang terkena dampak ditawari kesempatan untuk pindah ke toko yang beroperasi lebih sibuk sebagai bagian dari upaya optimalisasi ulang perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang telah melayani masyarakat Malaysia selama lebih dari 50 tahun, fokusnya tetap pada penyediaan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Malaysia melalui keamanan kerja bagi 18.000 anggota tim di Malaysia, yang mana sekitar 85 persen adalah Muslim,” kata perusahaan, dikutip CNA, Selasa (30/4/2024).

Meski demikian, mereka tidak mengungkapkan jumlah gerai atau jumlah pekerja yang terkena dampak. Menurut situs QSR, terdapat lebih dari 600 gerai KFC di Malaysia, dengan gerai pertama dibuka di Kuala Lumpur pada tahun 1973. 

Menurut beberapa pemberitaan media, juga terjadi penutupan beberapa gerai McDonalds dan Starbucks di Malaysia.

Jaringan bisnis populer ini mengalami perlambatan bisnis akibat boikot terhadap perusahaan-perusahaan yang terkait dengan AS terkait dengan pendirian negara tersebut dalam perang Israel-Hamas.

“KFC tidak termasuk dalam daftar perusahaan sasaran BDS (Boikot, Divestasi, Sanksi) (gerakan yang dipimpin Palestina). Tapi banyak warga Malaysia yang melihat operator makanan cepat saji Amerika ada hubungannya dengan Israel termasuk KFC,” kata Profesor Mohd Nazari Ismail, ketua kelompok pro-Palestina Boikot, Divestasi, Sanksi Malaysia.

Vincent Tan, pendiri Berjaya Corp Bhd yang mengoperasikan Starbucks meminta masyarakat pada bulan Maret untuk berhenti memboikot jaringan kopi tersebut, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut hanya merugikan penduduk setempat yang menjalankan perusahaan tersebut.

Ia mengatakan bahwa 85 persen karyawan Starbucks Malaysia adalah Muslim dan tidak ada orang asing yang bekerja di kantor pusat perusahaan tersebut.

Pada tanggal 18 April, gerai Starbucks di Tawau, Sabah, dirusak oleh orang-orang yang mengecat dinding dengan tulisan “bebaskan Palestina”.

Negara berpenduduk mayoritas Muslim, Malaysia dan Indonesia, sangat vokal mengecam Israel atas kekejaman di Gaza yang telah menyebabkan lebih dari 34.000 orang, sekitar dua pertiganya adalah perempuan dan anak-anak terbunuh sebagai pembalasan atas serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.