Titik Demo Hari Buruh di Jakarta Hari Ini

ERA.id - Demo besar-besaran pada Hari Buruh Internasional (May Day) berlangsung pada Rabu (1/5/2024). Agenda ini diramaikan oleh 50.000 buruh dari kawasan Jabodetabek.

Menurut laporan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), demonstrasi akan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. 

Warga Jakarta pun diimbau untuk tidak melintas di titik demo yang berlangsung di sejumlah jalan berikut guna menghindari kemacetan. 

Pihak KSPSI mengatakan, beberapa lokasi di Jakarta yang menjadi pusat demo antara lain Jalan Medan Merdeka Barat, Patung Kuda Arjuna Wiwaha di Jakarta Pusat dan Stadion Madya Gelora Bung Karno. 

"Kita akan jaga betul-betul keamanan dan ketertiban selama peringatan May Day," jelas Andi Gani, Presiden KSPSI. 

Buruh mengadakan pertemuan di pagi hari di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, lalu bergerak ke Stadion Madya Gelora Bung Karno untuk memperingati May Day. 

Di sisi lain, menurut Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), massa akan melakukan orasi di Istana Negara. 

Ada pun dua isu utama yang disuarakan, yakni "Cabut Omnibus law UU Cipta Kerja" dan "HOSTUM: Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah".

Aksi May Day ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang melibatkan total ratusan ribu buruh dari berbagai wilayah, seperti Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru, Bengkulu, Jambi, Lampung dan sejumlah kota lainnnya.