Viral! Kisah Sopir Angkot Berjuang Cari Nafkah dengan Selang Oksigen: Saya Sudah Capek

ERA.id - Seorang sopir angkot viral di media sosial lantaran bekerja sambil menggunakan alat bantu pernapasan. Aksi sopir angkot itu pun mengundang simpati publik dan ramai diperbincangkan.

Dalam video yang dibagikan oleh akun @sayaphati, seorang sopir angkot lanjut usia itu nampak menggunakan selang oksigen ketika sedang bekerja. Dari video itu terlihat dia sesekali mengalami sesak ketika bernapas.

"Bapak ini mencari nafkah dengan selang oksigen di hidungnya, semangat bapak. Semoga dimudahkan dan dilimpahkan rezekinya," tulis keterangan video itu.

Pria yang diketahui bernama Sa'at itu mengaku sudah lelah harus menjalani kesehariannya sebagai sopir angkot. Dia juga bercerita awalnya sempat menjalankan prosedur operasi di bagian paru-paru.

"Saya udah capek (kerja di jalanan). Dulu awalnya dioperasi, disedot paru-paru," kata Sa'at.

Lalu, dari informasi tersebut, Sa'at diketahui seorang perantau dari Medan, Sumatera Utara, yang sudah lama bekerja di Jakarta. Dia diketahui tidak memiliki anak dan tinggal berdua dengan istrinya.

"Beliau ini asli dari Medan merantau sudah lama di Jakarta menjadi sopir angkot sehari-hari harus berjuang mencari nafkah karna bapak tdak mempunyai anak. Kontrakan saja sebulan 1 juta bapak narik dari pagi sampai pukul 9 malam," demikian keterangan tersebut.

Selain harus membayar biaya tempat tinggal, Sa'at juga harus mengisi tabung oksigen sebesar Rp30 ribu sehari untuk membantu pernapasannya. Dia juga mengaku terkadang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Untuk menuju rumah sakit, Sa'at hanya ditemani dengan istri tercinta dan mengendari sendiri angkot miliknya. Hal ini karena Sa'at tidak memiliki anggota keluarga lain yang bisa mengantarkan dirinya berobat ke rumah sakit.

"Beliau harus memenuhi kebutuhan dan mengisi oksigen sehari 30 rebu. Bapak kadang dalam sebulan bisa dirawat 3x itu juga harus nyetir sendiri memakai oksigen ke RS karna tdak ada saudara hanya istri setia nemenin kerja dijalanan atau ke RS," ujarnya.

Video itu lantas mendapat banyak respons dari netizen. Kebanyakan dari mereka mengaku simpati sekaligus mendoakan kesembuhan untuk sopir angkot tersebut.

"Kalo bisa nanti dikasih usaha dirumah aja ya min, kasian kalo masih dijalanan gitu," kata @rismacornian****.

"Bapaknya kena efusi pleura ya kayanya ya Allah pak, semoga lekas sembuh ya pak, aamiin," komentar @ raraa****.

"Ka mungkin bisa didaftarin bpjs dulu ka nanti bisa perobatan gratis misal jantung dan paru paru ka," ujar @autumnisinyourh****.

"Napasnya ya Allah, semoga banyak rezeki untuk bapak buka usaha dirumah saja," kata @riia****.

"Bapak semoga cepet sembuh yaa biar ga pake selang trss," imbuh @oh.a***.