Ada Kontrak Baru Universal dengan TikTok, Lagu Billie Eilish hingga Coldplay Akan Ada Lagi?

ERA.id - Universal Music Group (UMG) dengan TikTok menjalin kontrak baru usai sempat sengkata masalah royalti dan regulasi kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya sengketa ini membuat lagu-lagu musisi di bawah naungn UMG ditarik dari TikTok sejak 1 Februari 2024.

Para musisi tersebut adalah Billie Eilish, SZA, The Weeknd, Ariana Grande, Coldplay, Drake, U2, Bad Bunny, dan lainnya. Berkat kesepakatan baru yang dijalin, lagu para musisi tersebut akan hadir kembali di TikTok, meski tanggal pastinya belum diketahui.

“Babak baru dalam hubungan kami dengan TikTok ini berfokus pada nilai musik, keunggulan senin manusia, dan kesejahteraan komunitas kreatif,” kata CEO UMG, Lucian Grainge, dilansir dari Variety.

“Musik adalah bagian integral dari ekosistem TikTok dan kami senang telah menemukan jalan ke depan bersama Universal Music Group,” tutur CEO TikTok, Shou Chew.

Shou Chew juga mengatakan bahwa kesepakatan baru dengan UMG ini akan mengedepankan kebaikan untuk para musisi dan penulis lagu. Kerja sama ini juga akan memberikan peluang promosi yang luar biasa bagi para musisi.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama mendorong nilai hingga promosi bagi semua artis dan penulis lagu UMG yang luar biasa, dan memperdalam hubungan mereka untuk tumbuh, terhubung, dan terlibat dengan komunitas TikTok,” tuturnya.