Badan Timnas Panggil Elkan Baggot Perkuat Garuda Muda Hadapi Guinea, Masih tunggu Respons Ipswich Town

ERA.id - Badan Tim Nasional (BTN) memanggil Elkan William Tio Baggot untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda menghadapi Guinea dalam perebutan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

"Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap Elkan Baggot dan tinggal menunggu respon dari klubnya (Ipswich Town)," ujar Ketua BTN Sumardji dalam keterangan yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Sabtu (4/5/2024).

Elkan Baggot dikenal publik pada 2020 ketika dipanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk memperkuat timnas Garuda U-19 dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara.

Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu mulai bergabung dengan tim junior Ipswich Town pada 2019 dan diminta bergabung dengan klub senior pada 2020.

Elkan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021 dan mencatatkan rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang berlaga di Liga Inggris.

Kini, penyerang berusia 21 tahun itu kembali dipanggil untuk bergabung bersama Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menghadapi laga penting melawan Guinea.

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga play off melawan wakil dari Afrika, Guinea, di Paris pada 9 Mei, yang merupakan peluang terakhir untuk tampil pada Olimpiade Paris.

Anak asuh pelatih Shin Tae-yong belum bisa mengamankan tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia pada kesempatan pertama saat kalah melawan Irak dengan skor 1-2 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan penampilan Garuda Muda pada Piala Asia sangat membanggakan karena bisa menjadi empat terbaik dalam kejuaraan tingkat Asia termasuk Australia.

"Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di turnamen ini, (Piala Asia)," ujarnya.

Erick mengatakan peluang Garuda Muda untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga melawan Guinea.

"Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea," katanya.

Guinea merupakan tim yang berstatus peringkat empat Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan ranking FIFA yang dirilis pada April, Guinea menempati peringkat ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134 FIFA dengan mengemas 1102,7 poin.