Pilih di Luar Pemerintah, Ganjar: Itu Sikap Pribadi Saya, Bukan PDIP

ERA.id - Ganjar Pranowo menegaskan, pernyataannya memilih berada di luat pemerintahan mendatang adalah sikap pribadi. Dia membantah sikapnya itu mewakili PDI Perjuangan.

"Meskipun saya diusung partai tapi statement saya kemarin statement sebagai pribadi," kata Ganjar di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Terkait dengan sikap politik PDIP di pemerintahan mendatang, dia mengatakan akan diputuskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mendatang.

"Kalau partai nantikan akan memutuskan pada saat rakernas di akhir bulan," ucapnya.

Sementara saat disinggung soal karir politiknya pasca kalah Pilpres 2024, Ganjar mengatakan dirinya tentu tetap berkarir sebagai politisi. Sebab masih menjadi kader PDIP.

Meski begitu, dia tak mau terbuka soal kansnya masuk dalam struktur DPP PDIP. Hal itu akan diputuskan dalam kongres oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau urusan struktural, itu urusan Ibu Ketua Umum. Nanti kongres yang menentukan, kongres kan lembaga tertinggi partai, kalau kita ikuti saja," ucap mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Walaupun tak memiliki jabatan di struktural partai, saat ini masih banyak kegiatan yang bisa dilakukannya sebagai kader.

Dia mengatakan, bisa menggerakan anak ranting untuk membantu masyarakat terkait pangan. Selain itu juga membantu rekan separtainya maju sebagai calon kepala daerah.

"Nanti saya akan membantu kawan-kawan yang besok maju pilkada, terlalu banyak kegiatan. Kalau bicara politik kan hampir semua bidang, semua kehidupan kita politik. Jadi banyak yang bisa dikerjakan," pungkasnya.