Pilkada 2024, Elite Golkar Sebut Ridwan Kamil Lebih Minat Maju di Jabar Ketimbang Jakarta

ERA.id - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut Ridwan Kamil (RK) mendapatkan penugasan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Namun, Ace mengungkapkan RK menyampaikan kepadanya bahwa ia lebih berminat untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat.

"Pak Ridwan Kamil sendiri menyatakan kepada saya, beliau mengatakan bahwa beliau lebih condong ke Jabar. Sejauh ini," kata Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Meski demikian, Ace mengatakan RK tetap menyerahkan keputusan kepada DPP Partai Golkar. RK bakal mengikuti perintah partai jika ia ditugaskan untuk berlaga dalam Pilgub Jakarta.

"Karena kebijakan tentang penetapan siapa yang nanti akan dicalonkan di DKI Jakarta tergantung dari sejauh mana partai yang lain juga menetapkan calon gubernurnya. Jadi kita lihat saja dinamikanya," jelas Ace.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini memastikan Partai Golkar akan menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk Pilkada Jawa Barat dan Jakarta. Partai berlambang pohon beringin itu juga mempertimbangkan elektabilitas tiga kadernya yang ditugaskan maju di Jakarta.

"Tentu DKI dinilai sangat strategis, bukan saja bagi Golkar, tapi bagi pihak-pihak yang lain yang memang berkepentingan terhadap pembangunan di Jakarta. Karena kita tahu walaupun ibu kota akan pindah ke IKN, tapi Jakarta sebagai wilayah yang memiliki nilai strategis," jelas Ace.

"Bagi kami tentu akan serahkan semua kepada DPP Golkar dan Ketum," sambungnya.