Belum Putuskan Calon, PKS Masih Utamakan Usung Kadernya pada Pilgub Jakarta

ERA.id - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, partainya belum memutuskan akan mengusung siapa calon gubernur pada Pilgub Jakarta 2024.

Dia menyebut, hingga kini PKS masih terus berkomunikasi dengan berbagai pihak maupun partai politik.

"Ini masih sangat awal, pendaftarannya juga 27-29 Agustus. Jadi PKS akan terus melakukan komunikasi," kata Mardani di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024), saat ditanya mengenai peluang kemungkinan PKS mengusung Anies sebagai calon gubernur jakarta dalam Pilkada 2024.

Menurut Mardani, kedekatan yang terjalin antara Anies dan PKS selama ini akan memudahkan komunikasi politik keduanya. Sebab, saat Pilkada 2017 lalu, PKS mengusung Anies untuk maju sebagai calon gubernur di Jakarta.

Kemudian, saat Pilpres 2024, PKS juga menjadi salah satu partai pengusung Anies sebagai calon presiden bersama Koalisi Perubahan. Namun, hingga kini, Anies belum memutuskan langkah politik selanjutnya.

"Kita tentu menghargai jika Mas Anies sudah membuat keputusan, mungkin juga akan ada pertemuan dengan PKS," ujar dia.

Di samping itu, Anggota Komisi II DPR RI ini menambahkan, sampai saat ini PKS masih mengutamakan kader sendiri. Tetapi partainya tidak menutup diri untuk berkoalisi dengan partai lain dalam Pilgub Jakarta.

"Sampai belum ada keputusan resmi, PKS tentu akan mengutamakan kadernya sendiri, lagi-lagi kan pendaftaran itu tgl 27-29 Agustus, masih dua setengah bulan lagi, jadi masih sangat dinamis," jelas Mardani.

"Karena di DKI PKS sudah menang, tentu PKS ingin calon yang terbaik dan lagi-lagi komunikasi yang sudah dilakukan, kita perlu berkoalisi dan kader diutamakan, tetapi politik itu dinamis," imbuh dia.