Anggota DPR Ingatkan Pansel Capim KPK Harus Paham Masalah Pemberantasan Korupsi

ERA.id - Anggota Komisi III DPR RI, Didik Mukrianto mengingatkan beberapa poin penting yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (pansel capim KPK). Salah satunya, yakni memahami permasalahan pemberantasan rasuah.

"Yang menjadi penting dan prinsip adalah tim pansel  harus memiliki kompetensi dan memahami permasalahan pemberantasan korupsi yang terjadi saat ini, selain integritas, kapasitas dan kapabilitasnya," kata Didik dikutip pada Rabu (15/5/2024).

"Dengan demikian diharapkan pansel bisa menemukan formula yang tepat dan terbaik terhadap keterpilihan calon pimpinan KPK kedepan," sambungnya.

Selain itu, politisi Partai Demokrat ini juga menyinggung soal transparansi kinerja pansel yang harus dilakukan dalam menjalankan setiap tahapan. Kemudian, sambung dia, pelibatan partisipasi publik secara aktif menjadi sangat esensial.

"Kita semua berkepentingan agar calon pimpinan KPK kedepan bisa memperkuat pemberantasan korupsi yang selama ini telah dilakukan oleh kepemimpinan sebelumnya," jelas Didik.

"Mudah-mudahan dengan kepemimpinan KPK yang baru kedepan bisa mempercepat terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi," imbuh dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembentukan Pansel Capim KPK sedang dalam proses. Pembentukan panitia ini ditargetkan sudah selesai pada Juni 2024.

"Ini baru disiapkan, nanti Juni sudah kita selesaikan," kata Jokowi setelah mengunjungi Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5).

Meski demikian, Jokowi enggan memerinci nama-nama kandidat yang muncul hingga saat ini. Dia hanya memastikan bahwa Pansel Capim KPK nantinya akan memiliki integritas dan fokus pada pemberantasan korupsi.

"Ya tokoh yang baiklah, yang punya integritas, yang concern terhadap pemberantasan korupsi, saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," ujar dia.