Kubu Jokowi Gerilya di Jalur Selatan

Jakarta, era.id - DPP PDI Perjuangan kembali menggelar safari kebangsaan. Ini merupakan kedua kalinya mereka menggelar safari. Perjalanan safari kebangsaan ini dimulai pada Sabtu (24/11) hingga Senin (26/11). 

Menggunakan bus, nantinya rombongan partai berlambang banteng ini akan melewati jalur Selatan Jawa dan melewati delapan kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sama seperti perjalanan sebelumnya mereka juga akan menyapa para kader dan masyarakat untuk menyerap aspirasi. Selain itu, ada pesan khusus dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang akan disampaikan bagi para kader PDIP.

"Tujuan safari kebangsaan juga ini untuk menyampaikan perintah Ibu Megawati kepada seluruh kader partai untuk wajib memenangkan pasangan calon Jokowi-Ma'ruf. Singkatnya, PDIP total dalam menghadapi pileg dan pilpres," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/11/2018).

Selain untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikan pesan Megawati, Hasto juga menyebut, safari kebangsaan ini juga akan melanjutkan pengecekan tiga pilar PDI Perjuangan di Pulau Jawa. 

Dalam perjalanan menyusuri jalur Selatan Jawa, Hasto ditemani oleh sejumlah elite PDIP seperti Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat serta beberapa caleg DPR-RI PDIP seperti Ono Surono, Augustina Connie, Kirana Larasati, dan Yayan Sopyani Alhadi.

Sebelum melakukan perjalanan, Hasto menyebut, wilayah selatan Jawa relatif tidak banyak mendapat perhatian. Namun, dalam kepemimpinan Presiden Jokowi visi membangun dari pinggiran lantas menjadikan wilayah selatan Jawa punya prospek yang cukup besar untuk pengembangan perekonomian ke depan. 

"Termasuk pengembangan laut selatan Jawa, itu sangat luar biasa alam rayanya, kemudian juga untuk kegiatan pariwisata," jelas Hasto.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat juga menegaskan safari ini sekaligus memperkuat konsolidasi organisasi partai. Sebab pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 ada dalam satu tarikan nafas.

"Kita ingin memastikan seluruh kader PDI Perjuangan sampai dengan tingkat anak ranting, PAC, DPC, kemudian legislatif bergerak untuk memenangkan Pilpres maupun Pileg," ungkap Djarot.

Selain itu, kepada kadernya nanti, Hasto dan Djarot akan menyampaikan pesan ketua umum mereka untuk selalu melakukan kampanye dengan cara yang santun dan menyampaikan capaian-capaian kinerja capres petahana.

"Menghindari ujaran kebencian, bersama-sama melawan hoaks," tutup Djarot.

Tag: pemilu 2019 jokowi-maruf amin