Rekomendasi Olahraga yang Tepat untuk Penderita Skoliosis

ERA.id - Penderita skoliosis seringkali mengalami ketidaknyamanan saat beraktivitas. Untuk itu, mereka disarankan agar rutin berolahraga.

Skoliosis merupakan salah satu kelainan tulang belakang yang ditandai dengan bentuk tulang belakang yang cenderung melengkung tidak pada tempatnya.

Hal ini kemudian memicu deviasi vertebrata ke arah lateral dan rotasional yang membuat organ-organ, menimbulkan nyeri serta sensasi tidak nyaman.

Tak jarang, ketika tubuh jarang olahraga, otot-otot tubuh menjadi lebih kaku hingga memperparah kondisi skoliosis. 

Maka dari itu, dokter konsultan tulang belakang dari Eka Hospital BSD, Dr. dr. Phedy., Sp.OT (K) Spine menyarankan agar penderita skoliosis memilih olahraga yang tepat untuk kondisi yang dialami. 

"Pilihan olahraga yang tepat untuk penderita skoliosis itu seperti renang, yoga, pilates," jelas dr. Phedy, baru-baru ini. 

Menurut dr. Phedy, sejumlah olahraga tersebut direkomendasikan untuk penderita skoliosis karena memiliki efek untuk melatih otot-otot di area punggung. 

"Olahraga yang menargetkan otot punggung itu berguna sekali untuk penderita skoliosis agar ototnya tidak kaku dan tidak mengganggu keseharian," paparnya.

Sementara itu, durasi olahraga yang sebaiknya dilakukan tidak ada batasan. Namun lebih baik dilakukan secara rutin, paling tidak dua hingga tiga kali per minggu untuk hasil yang optimal. 

"Kalau otot-otot punggung terlatih, penderita skoliosis tidak akan merasa sering pegal atau nyeri," ucapnya. 

Kemudian olahraga yang menargetkan latihan otot punggung juga bermanfaat dalam membentuk postur tubuh yang ideal karena penderita skoliosis seringkali mengalami keluhan atau masalah pada postur tubuhnya. 

Ada pun olahraga yang perlu dihindari orang dengan skoliosis di antaranya seperti angkat beban, bersepeda hingga jalan kaki, karena latihan tersebut tidak memberikan dampak pada otot punggung sehingga tidak cukup bermanfaat.