Jangan Habiskan Kuah Makanan, 10 Tips Terhindar dari Penyakit Hipertensi

ERA.id - Hipertensi adalah salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang sering dijumpai. Tetapi, Hipertensi termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi. Hipertensi bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Faktor keturunan berperan besar menentukan risiko hipertensi. Genetik dan usia memang tak bisa dicegah, tetapi ada beberapa cara untuk mencegah faktor resiko lain yang memicu penyakit ini.

Berikut 10 tips terhindar dari penyakit hipertensi menurut dr. Eka Harmeiwaty, Sp.N, Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia saat ditemui di Jl. Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Jumat (18/5/2024).

1. Jangan habiskan kuah makanan

Kuah berpotensi memiliki kandungan garam yang tinggi, apalagi bila kuah yang ada pada sup atau makanan lainnya dibeli dari luar.

Sup merupakan salah satu sumber utama asupan garam. Rata-rata saji sup menyumbang 36 persen dari batas rekomendasi asupan sodium dengan batas asupan sebesar 2.000 mg/hari.

2. Waspada garam tersembunyi pada saus tomat dan sambal

Saus tomat dan sambal cenderung tinggi garam. Satu sendok makan saus sambal dapat mengandung 228,8 mg sodium dan satu sendok makan saus tomat mengandung 217,14 mg sodium.

3. Berbagi camilan asin

Ketika berkumpul, seseoran akan berbagi chip atau snack cemilan. Kebiasaan ini dapat membantu seseorang mengurangi konsumsi garam sehari-hari.

4. Ganti penggunaan MSG atau garam dengan rempah-rempah dan jamur-jamuran

Salah satu cara mengurangi garam adalah menggunakan rempah-rempah untuk menambah cita rasa dalam makanan makin sedap. Sementara jamur, dapat digunakan untuk meningkatkan rasa gurih pada makanan.

5. Hindari berbelanja dalam keadaan lapar

Sebaiknya, kamu makan terlebih dahulu sebelum berbelanja di pusat perbelanjaan dalam kondisi lapar. Tujuannya agar kamu tidak tergoda membeli makanan yang tidak ada di dalam list belanja.

6. Makan mi instan dengan bumbu setengah porsi

Mi instan tinggi garam sehingga penting dibatasi konsumsinya. Satu bungkus mi instan  mengandung 1.500-1.890 mg sodium, padahal batas maksimal asupan sodium harian per orang hanya 2.000 mg/hari.

7. Batasi acar

Kamu sebaiknya batasi penambahan acar sebagai pelengkap makanan. Rupanya, proses pembuatan acar meliputi penambahan garam sehingga acar cenderung tinggi garam.

8. Batasi penggunaan kecap dan saus saat memasak

Sebaiknya, hati-hati menggunakan kecap dan saus saat memasak. Sebab, kedua bahan masakan ini cenderung tinggi garam. Satu sendok makan saus tiram mengandung 580 mg sodium. Sementara, satu sendok makan kecap manis 561 mg sodium. Satu sendok kecap asin mengandung 658 mg sodium. Sebagai alternatif, gunakan kecap dan saus rendah garam.

9. Kurangi penambahan salad dressing dan mayones

Sebaiknya, kamu hati-hati menggunakan salad dressing dan mayones karena mengandung tinggi garam. Satu sendok makan salad dressing bisa mengandung 138 mg sodium dan satu sendok makan mayones memiliki 105 mg sodium.

10. Minum satu gelas air putih sebelum makan

Mengonsumsi air putih sebelum makan dapat membantumu agar tidak terlalu banyak makan. Hal ini agar menjaga tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari rasa haus akibat mengonsumsi makan asin.