Klaim Paling Loyal Dukung Prabowo, PAN Yakin Dapat Kursi Menteri Lebih dari 4

ERA.id - Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay meyakini partainya bakal memperoleh jatah kursi menteri lebih dari empat. Sebab, partai berlambang matahari itu mengklaim loyal mendukung Prabowo Subianto.

"Anggapannya dianggap doa, saya yakin lebih dari empat justru. Ya kan, namanya doa," kata Saleh di Jakarta, dikutip Rabu (22/5/2024).

Dia mengatakan, dalam tiga kali pemilihan presiden (pilpres), PAN konsisten mendukung Prabowo. Partainya juga sempat berada di luar pemerintahan.

Oleh karena itu, dia meyakini Prabowo akan mempertimbangkan memberikan kursi menteri lebih untuk PAN.

"Kita kan konsisten nih, paling loyal dengan Pak Prabowo, dan Pak Prabowo kemungkinan besar sangat memperhatikan hal hal seperti ini gitu," kata Saleh.

Menurutnya, wajar apabila PAN mendapat jatah lebih. Justru yang keliru adalah partai yang baru bergabung meminta jatah lebih banyak.

"Yang kurang tepat itu yang tidak mendukung malah dapat tiga. Kemarin dalam pilpres nggak ikut tiba-tiba dapat tiga, itu kan nggak tepat, bener nggak? Atau misalnya ngotot lebih banyak dapat, itu nggak tepat. Kalau PAN itu memang sudah harus dapat mestinya dalam sistem demokrasi yang ada di Indonesia wajar," ucapnya.

Meski begitu, keputusan berapa jatah kursi menteri untuk PAN di pemerintahan baru sepenuhnya diserahkan kepada Prabowo.

Saleh menegaskan, PAN tak pernah mengintervensi soal susunan kabinet. Sebab merupakan hak prerogatif presiden terpilih.

"PAN tidak pernah menekan, intervensi soal itu, karena kami mengerti urusan struktur kabinet, kemudian juga urusan berapa jumlah menteri masing masing partai, itu adalah urusan hak prerogatif presiden," pungkasnya.