Namanya Masuk Bursa Cagub Sumut, Ahok: Tunggu Tugas Saja

ERA.id - Mantan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berterima kasih atas kepercayaan DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara (Sumut) terhadap dirinya untuk masuk dalam bursa calon gubernur pada Pilkada Sumut 2024 mendatang. Namun, Ahok mengaku, masih menunggu keputusan dari DPP PDIP.

"Ya kita terima kasih lah ya teman-teman dari DPD Sumut minta ke sana. Tapi kan kita kan keputusan semua kan bukan di kita. Tunggu tugas saja," kata Ahok kepada wartawan saat Rakernas V PDIP, Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, dirinya telah berkomunikasi dengan DPD PDIP Sumut. Dia menyebut, perkembangan selanjutnya setelah Rakernas PDIP.

"Saya sih bilang ya itu nunggu Rakernas ya," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP), Sumatera Utara (Sumut), Rapidin Simbolon mengatakan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok siap maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara jika ditugaskan oleh partai. Dia menyebut, hal itu disampaikan langsung Ahok kepada dirinya.

"Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi, 'Pak kalau anda diterjunkan di Sumut siap enggak bang, siap enggak Pak Ahok?'" kata Rapidin kepada wartawan disela-sela Rakernas V PDIP Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

"'Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut ke Papua juga saya siap'. Itu jawaban kader sejati. Ini semua kader PDIP kemanapun kalau diperintah partai kita harus siap," sambung dia menirukan jawaban Ahok.

Rapidin mengungkapkan, nama Ahok masuk dalam daftar yang sedang dikaji untuk diusung di Pilgub Sumatera Utara melawan menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution. Namun, ia menegaskan, keputusan yang diambil tergantung dinamika politik kedepan.

"Tentu setiap hari perkembangan dinamika politik yang ada di Sumatera Utara akan kita kaji dan akan tetap kita pelajari secara bersama dan kita sudah siap untuk memetakan itu dibantu dengan DPP partai," jelas dia.