Salah Diagnosis Pasien hingga Kehilangan Testis, Dokter di Singapura Diskors Satu Tahun

ERA.id - Seorang dokter veteran di Singapura diskors selama satu tahun akibat pelanggaran profesional. Dokter itu terbukti salah mendiagnosis sehingga pasien kehilangan testisnya.

Dewan Medis Singapura (SMC) menghukum Dr Yeo Khee Hong dengan pemberian skors selama setahun setelah salah mendiagnosis pasiennya. Saat itu pasien remaja menderita kolik perut dan mengalami pembengkakan pada buah zakarnya.

Dr Yeo saat itu memberikan resep obat yang berhubungan dengan perut dan antibiotik. Namun, kondisi bocah tersebut semakin memburuk meski berulang kali mengunjungi Dr Yeo, hingga ia harus menjalani operasi pengangkatan testisnya.

Kondisi sebenarnya yang dialaminya adalah torsio testis, suatu kondisi di mana tali spermatika yang mengalirkan darah ke testis menjadi terpelintir dan memutus suplai darah.

"Jika anak laki-laki tersebut dirujuk ke perawatan darurat tepat waktu, maka ia diperkirakan memiliki peluang 90,4 hingga 97,2 persen untuk menyelamatkan testisnya," demikian keputusan kasus tersebut, dikutip CNA, Selasa (28/5/2024).

Yeo mengaku bersalah atas satu tuduhan pelanggaran profesional karena gagal memberikan perawatan yang kompeten dan tepat dan atau menerapkan kehati-hatian dalam menangani pasiennya.

Kuasa hukum SMC, Chia Voon Jiet, Lee I-Lin dan Chin Dan Ting dari Drew & Napier, mengatakan kesalahan Dr Yeo menunda diagnosis dan pengobatan pasien sehingga ia kehilangan peluang besar untuk menyelamatkan testis kirinya.

"Anak laki-laki tersebut tidak hanya menderita kesakitan fisik namun juga tekanan emosional dan psikologis akibat kehilangan tersebut. Potensi kerugian pada anak laki-laki tersebut juga mencakup masalah kesuburan akibat kehilangan testis," kata pengacara SMC.

Penasihat SMC berpendapat bahwa Dr Yeo telah bertindak lalai dan perawatannya terhadap pasien bukanlah pilihan penatalaksanaan yang tepat.

"Meskipun pasien berisiko mengalami torsio testis dan presentasi klinis serta usianya menunjukkan torsio testis, (Dr Yeo) puas merawat pasien dengan antibiotik, melakukan pemeriksaan laboratorium, dan membuat keputusan untuk merujuk hanya jika nyerinya terasa, dan pembengkakan berlanjut dalam beberapa hari dan tergantung hasil tes hitung darah lengkap," kata pengacara tersebut.

Sebagai tanggapan, Dr Yeo mengatakan dia telah mempertimbangkan kemungkinan torsio testis, namun diagnosis awal yang dia pilih adalah orkitis dan epididimitis berdasarkan pemeriksaan fisik terhadap pasien.

Dr Yeo mengatakan kegagalannya memberi tahu bocah itu tentang kemungkinan torsio testis adalah penghakiman yang salah. Namun ia mengatakan hal itu didasarkan pada niat baik karena ia tidak ingin menimbulkan kekhawatiran yang tidak semestinya pada pasien.

Dia menerima kesalahannya namun mengatakan bahwa dia memikirkan kesejahteraan dan kepentingan terbaik anak laki-laki itu, tanpa ada kesan bahwa dia bertindak jahat atau ceroboh.

Selain skorsing 12 bulan, Dr Yeo juga akan dikecam. Ia harus mengajukan pernyataan tertulis kepada SMC bahwa ia tidak akan melakukan perbuatan serupa lagi atau perbuatan serupa lainnya, dan ia harus membayar biaya dan pengeluaran proses hukum termasuk biaya yang ditanggung oleh pengacara SMC.