Ini Alasan Bisnis Kosmetik Sangat Diminati di Tanah Air

ERA.id - Belakangan ini, bisnis kosmetik senakin dilirik oleh para pelaku usaha. Bisnis kecantikan memiliki jangkauan dan peminat yang sangat besar. Tak hanya sebatas untuk perempuan dewasa, tapi dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan para pria juga memakai kosmetik. 

Apalagi, kini permintaannya makin melonjak karena makin banyak orang yang sadar akan pentingnya merawat diri dan tampil menarik. Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) membeberkan alasan mengapa bisnis kosmetik makin bertumbuh.

Berikut 4 alasan mengapa bisnis kecantikan atau kosmetik makin berkembang menurut Sancoyo, saat ditemui di Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) di Jiexpo, Jakarta, Indonesia pada Rabu (29/5/2024).

1. Demografi

Demografi berperan penting dalam bidang pemasaran bisnis. Akan tetapi, mulai dari remaja hingga dewasa dan segala gender memakai makeup.

"Demografi dengan jumlah (pemakai makeup) tak terhingga, tentu bisnis kosmetik sangat menjanjikan," bebernya.

2. Produk kosmetik mudah didapat

Selain itu, masyarakat Indonesia mendapatkan produk kosmetik dengan mudah dan murah. Selain itu, banyak produk lokal yang menyesuaikan segala jenis-jenis kulit.

"Produknya mudah. Ini lebih terpaparan kosmetiknya. Walau sekarang upaya melebarkan konsumen dari sisi usia, gender," tuturnya.

3. Skincare tak selengkap di luar negeri

Lebih lanjut, Sancoyo mengatakan skincare lokal tak selengkap di luar negeri. Sehingga, banyak masyarakat Indonesia memilih skincare yang ada. 

"Kita diskusinya perkapitanya masih rendah daripada tetangga yang maju. Perawatan wajah di Jepang, Korea mungkin sudah 7 (skincare). Di sini baru zaman dulu sabun, shampo misalnya cuci muka. Sekarang ada pelembab moisturizer dan skincare," ucapnya.

4. Tingkat kesejahteraan naik

Bisnis kecantikan yang berkembang terjadi karena tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Bahkan, banyak masyarakat yang kini mengutamakan membeli produk kecantikan dalam hidupnya.

"Tingkat kesejahteraan semakin naik kesejahteraan masyarakat, produk beauty skincare makin meningkat." lanjutnya.