Imbas Perselisihan Diplomatik, Presiden Brasil Pecat Duta Besar Israel

ERA.id - Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva memecat duta besarnya untuk Israel dari jabatan di tengah perselisihan diplomatik yang terjadi.

Pemecatan Frederico Meyer terjadi beberapa bulan setelah Lula memanggilnya kembali ke Brasil. Penarikan kembali Meyer terjadi setelah Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz memanggil Meyer untuk memberitahunya bahwa Lula adalah persona non grata di negara Timur Tengah tersebut.

Langkah Israel ini terkait dengan pernyataan Lula yang menyamakan perang Israel di Gaza dengan Holocaust. Meyer diketahui belum kembali ke Israel sejak itu.

Setelah dicopot dari jabatannya, Lula mengirimnya untuk bertugas sebagai perwakilan khusus di Jenewa di tengah perselisihan diplomatik antara kedua negara.

"Dia sekarang akan menjabat sebagai perwakilan khusus Brasil untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Jenewa," demikian pernyataan resmi kantor kepresidenan Brasil, dikutip Reuters, Kamis (30/5/2024).

Sementara itu, Kementerian Hubungan Luar Negeri Brasil mengatakan Duta Besar Brasil yang baru untuk Israel akan diumumkan pada waktunya. Pihaknya juga mengatakan bahwa hingga saat itu, kedutaan Brasil di Tel Aviv akan dipimpin oleh kuasa usahanya.