Hari Lingkungan Sedunia, Begini Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan

ERA.id - Setiap tahun, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni. Selama lima dekade terakhir, Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah menjadi salah satu platform terbesar untuk advokasi lingkungan hidup.

Puluhan juta orang berpartisipasi secara online dan melalui kegiatan, acara, serta aksi secara langsung di seluruh dunia.

Tahun ini, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah#GenerationRestoration yang mengajak seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam memulihkan bumi untuk generasi mendatang. Menurut PBB, kita tidak dapat memutar balik waktu, namun kita dapat menumbuhkan hutan, menghidupkan kembali sumber air, serta merestorasi tanah. Kita adalah generasi yang dapat berdamai dengan bumi dan menciptakan bumi yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, simak beberapa contoh sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat di rumah untuk membantu melestarikan lingkungan, dari keterangan resmi SIG.

1. Jangan membuang sampah yang dapat digunakan kembali.

Kemasan karton, tas belanja, botol, dan kemasan makanan yang dapat digunakan kembali merupakan beberapa jenis sampah yang dapat didaur ulang dan dapat digunakan kembali.

2. Gunakan barang sehari-hari yang ramah lingkungan

Contohnya, daripada minum air dari botol plastik, gunakan gelas yang dapat digunakan berulang kali yang tidak dibuang setelah sekali digunakan. Selain itu, daripada menggunakan kantong plastik, gunakantote bag untuk membawa barang-barang kamu.

 3. Pilah pilah sampah kamu terlebih dahulu berdasarkan jenisnya, seperti plastik, karton, kaca, dan lainnya.

Buanglah sampah yang telah dipilah di tempat pengumpulan sampah. Saat ini, SIG telah mendirikan 151 titik pengumpulan sampah Recycle for Good di wilayah Jabodetabek. Temukan titik terdekat dengan rumah kamu dan kumpulkan sampah daur ulang kamu di sana.