Ramai Isu Emas Palsu, Begini Cara Membedakan yang Asli

ERA.id - Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan kasus 109 ton emas palsu yang menyeret enam mantan general manager PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. atau Antam sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Mereka diduga 'memalsukan' emas Antam dengan total berat mencapai 109 ton selama 2010-2021.

Muncul kasus korupsi emas ini menjadi rambu-rambu bagi masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih dan membeli emas. Penting mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. Berikut 10 cara membedakan emas asli dan palsu seperti dikutip dari laman resmi Logam Mulia Antam.

1. Perhatikan dengan Saksama Fisiknya

Cara mengetahui emas asli atau palsu yang pertama adalah dengan melihat fisiknya secara teliti. Logam mulia biasanya punya tanda khusus pada fisiknya seperti cap yang menunjukkan kadar karatnya. Tanda ini menggunakan satuan fineness yang lebih kita kenal menggunakan satuan karat mulai dari 10K, 18K, 24K.

2. Gigit emas

Cara mengetahui emas asli secara manual adalah dengan menggigitnya. Mungkin cara ini cukup familiar, karena pernah melihat para atlet menggigit medali emasnya. 

Selain jadi tradisi, selebrasi tersebut jadi cara untuk membuktikan keaslian kandungannya pada medali tersebut. Emas memiliki karakteristik yang unik. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin lunak. 

Tak heran kalau yang asli akan meninggalkan bekas gigitan ketika kita gigit. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk perhiasan. Perhiasan biasanya sudah dicampur dengan jenis logam lain sehingga saat digigit tidak akan meninggalkan bekas apa pun. Jadi, kamu bisa menggunakan cara lainnya untuk mengecek perhiasanmu asli atau palsu.

3. Menggosoknya

Kamu juga bisa mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosoknya. Kalau setelah digosok, warnanya memudar dan jadi nggak merata, bisa dipastikan kalau itu palsu.

4. Dekatkan ke magnet

Emas merupakan logam yang sifatnya nonmagnetis, artinya nggak bisa ditarik oleh magnet.  Akan tetapi, buat kamu yang punya perhiasan, perlu kamu ingat kalau ada kandungan logam lain dalam perhiasanmu. Ini bisa jadi cara mengetahui emas asli atau imitasi paling gampang.

5. Goreskan pada keramik atau kertas

Kamu bisa ambil kertas atau keramik yang ada di sekitarmu untuk menggoresnya. Kalau tidak meninggalkan bekas, maka logam mulia tersebut terjamin keasliannya. Meskipun begitu ini bisa jadi cara mengecek keaslian yang cukup berisiko, karena bisa merusak.

Ilustrasi emas (Unsplash)

6. Meneteskan asam nitrat

Uji coba kimia untuk mengetahui keaslian logam mulia bisa kita lakukan dengan asam nitrat. Cukup teteskan asam nitrat, kalau tidak ada perubahan warna, artinya asli.  Akan tetapi, kamu harus ekstra hati-hati melakukan uji coba ini karena asam nitrat mengandung senyawa yang bisa membahayakan tubuh dan pernapasan.

7. Cek keaslian dengan sertifikat

Cara mengetahui emas asli atau palsu lainnya adalah dengan mengecek sertifikatnya. Biasanya terdapat hologram pada sertifikat yang bisa kamu cek di bawah sinar matahari. Apabila sertifikat tersebut asli, maka akan memantulkan warna-warni dari hologramnya.

8. Uji keaslian dengan suara

Kamu bisa menguji keaslian logam mulia dengan menjatuhkan atau mengetukkannya pada logam. 

Jika asli, akan mengeluarkan suara dering yang panjang dan bernada tinggi jika beradu dengan logam lain.

9. Datang ke toko terdekat

Kamu bisa datang ke toko emas terdekat untuk mengetahui keaslian logam mulia milikmu. Biasanya, petugas akan bantu mengecek dan menentukan keaslian emasmu. Tenang saja, mereka sudah terbiasa mengenalinya.

10. Beli di tempat terpercaya

Cara memastikan keaslian produk emas paling gampang adalah dengan membelinya di tempat terpercaya, baik online maupun offline.