Pemprov Sulsel Usul ke Kemenhub untuk Buka Rute Pelabuhan Garongkong ke Pulau Kalimantan

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk membuka rute pelayaran baru melalui Pelabuhan Garongkong,Kabupaten Barru, ke Pulau Kalimantan, guna mendukung dan memperkuat dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saat ini, proposal pembukaan rute baru tersebut sudah diserahkan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Andi Erwin Terwo, Rabu kemarin.

Ia menjelaskan, usulan pembukaan rute baru dari Pelabuhan Garongkong ke Kalimantan memang menjadi target Pemprov Sulsel. Sebab yang paling dekat dengan IKN adalah Sulawesi Selatan, sehingga menjadi provinsi yang diharapkan menopang ibu kota baru tersebut.

Dirinya pun optimistis Kabupaten Barru ke depan bisa maju dengan pesat dengan semua rencana pembukaan rute pelayaran dari Pelabuhan Garongkong ke Kalimantan.

"Saya juga meminta Dinas Perhubungan kabupaten/kota tidak memandang kami sebagai daerah ke-25 di Sulawesi Selatan, tetapi kami adalah induk dari semuanya,"ujarnya.

Lebih jauh, dirinya juga menyampaikan tantangan transportasi di Sulawesi Selatan, khususnya di sektor pelayaran.

Andi Erwin mengatakan pelabuhan rakyat saat ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, sehingga banyak kapal di Sulsel tidak mengalami perkembangan signifikan padahal tetap beroperasi.

"Saya kira ini tetap perlu mendapat perhatian karena masyarakat tetap memanfaatkannya," katanya.