Tips Memilih dan Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik

ERA.id - Nama lain mesin potong rumput adalah alat potong rumput, grass cutter, dan lawn mower. Mesin ini berfungsi untuk memangkas rumput agar kebersihan halaman dan kebun tetap terjaga. Mesin potong rumput juga digunakan untuk menjaga kerapian rumput yang ditanam agar tampak senantiasa terawat. Kini mesin potong rumput tersedia dalam banyak model. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, ikuti tips berikut ini:

1. Pertimbangkan mesin potong rumput gendong tipe bensin yang kekuatannya besar

Kebun yang luas membutuhkan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika memiliki mesin potong rumput gendong berbahan bakar bensin. Alat ini memang lebih berat dibandingkan mesin potong rumput jenis lainnya. Namun, alat ini tetap disukai karena beberapa alasan berikut:

●       Mampu memangkas rumput yang tinggi sekalipun.

●       Memiliki tenaga yang besar.

●       Daya jangkaunya lebih luas.

●       Waktu pemakaiannya lebih lama.

Karena itu, mesin potong rumput gendong berbahan bakar bensin sering dijadikan andalan oleh para tukang kebun profesional. Berdasarkan cara kerjanya, tipe ini terbagi menjadi dua, mesin potong rumput 2 tak dan mesin potong rumput 4 tak. Berikut ini adalah perbedaan di antara kedua mesin tersebut:

●       Mesin 2 tak memiliki sistem kerja dua langkah, sedangkan mesin 4 tak memiliki sistem kerja empat langkah.

●       Mesin 2 tak memiliki suara yang lebih bising dan menghasilkan polusi udara yang lebih tinggi dibandingkan mesin 4 tak. Hal ini karena sistem kerja pada mesin 2 tak yang lebih simpel.

●       Mesin 2 tak membutuhkan bahan bakar bensin dicampur oli dan cenderung lebih boros. Sementara itu, mesin 4 tak membutuhkan bensin murni sebagai bahan bakarnya sehingga lebih hemat.

●       Dari segi perawatan, mesin 2 tak memiliki biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan mesin 4 tak. Suku cadang mesin 2 tak pun lebih gampang didapatkan.

Nah, beberapa kelebihan dan kekurangan setiap jenis mesin tadi bisa Anda jadikan gambaran saat hendak membeli produk incaran.

2. Pilih tipe listrik atau baterai yang praktis untuk membersihkan halaman rumah

Untuk membersihkan rumput di area halaman rumah, mesin potong rumput elektrik dengan tenaga listrik ataupun baterai merupakan pilihan praktis. Anda tidak akan direpotkan dengan kegiatan membeli bensin dan mengganti busi serta filter bahan bakar. Namun, penting dicatat bahwa mesin potong rumput tipe listrik dan baterai lebih disarankan untuk Anda yang memiliki halaman kecil.

Tipe listrik hanya mengharuskan Anda untuk menghubungkan kabel ke stopkontak, lalu mesin pun siap digunakan. Namun, kabel yang menghubungkan mesin dengan sumber daya listrik mungkin akan menghalangi kegiatan Anda memotong rumput. Anda juga perlu menggunakan kabel ekstensi pada saat membersihkan area yang lebih jauh. Pastikan hal ini bukanlah masalah jika Anda tertarik memiliki mesin rumput dengan tenaga listrik.

Jika ingin lebih simpel, Anda bisa memilih mesin potong rumput baterai. Anda tak perlu menyambungkannya ke stopkontak dengan kabel. Meskipun begitu, produk tipe ini tak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena daya baterainya terbatas. Anda harus berhenti dahulu bila daya baterainya habis. Kekurangan ini membuatnya tidak cocok digunakan untuk memotong rumput di halaman yang luas. Anda pun tidak bisa memotong semua jenis rumput dengan alat ini.

Alat potong rumput bertenaga listrik dan baterai memang memiliki beberapa kekurangan. Akan tetapi, beberapa orang tetap memilihnya karena beberapa alasan, antara lain:

Ukuran mesin potong rumput jenis ini cenderung kecil karena tidak ada tangki bahan bakar. Bobotnya ringan sehingga mudah untuk digunakan dan digerakkan.

3. Bila Anda tinggal di perumahan, utamakan tipe manual atau mesin potong rumput dorong yang tidak berisik

Mesin potong rumput manual cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan dengan halaman yang mungil. Untuk memakai alat ini, Anda hanya perlu mendorongnya secara manual dan mesin pun akan memotong rumput secara perlahan. Jadi, Anda tak memerlukan listrik atau bensin untuk menghidupkan alat ini karena sumber tenaganya adalah dorongan Anda sendiri.

Kegiatan mendorong mesin potong rumput manual ini mungkin terasa melelahkan. Barangkali Anda juga akan mengalami kesulitan ketika memotong rumput yang sudah tumbuh tinggi. Akan tetapi, alat ini tidak mengeluarkan emisi dan tidak pula menghasilkan polusi suara. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan mesin potong rumput dorong manual tidak akan mengganggu tetangga kanan-kiri rumah Anda.

4. Gunakan mata pisau tipe reel jika Anda ingin hasil yang rapi

Hal lain yang membuat mesin potong rumput ini unggul adalah potongannya lebih rapi sehingga baik untuk kesehatan rumput. Selain itu, kalori di dalam tubuh Anda juga akan ikut terbakar ketika menggunakan alat ini. Halaman jadi rapi dan tubuh pun jadi lebih sehat.

Ciri khas mesin potong rumput tipe reel adalah mata pisau berbentuk silinder yang berputar ke arah vertikal. Mata pisau yang berputar akan bergesekan dengan mata pisau tetap (bagian bawah) sehingga rumput yang terjepit terpotong. Cara kerjanya serupa dengan gunting sehingga hasil potongan tipe ini lebih rapi dibandingkan tipe rotary.

Kami rekomendasikan tipe reel bagi Anda yang ingin menjaga agar halaman rumah selalu bersih dan rapi. Sayangnya, tipe ini kurang ideal untuk memotong rumput yang panjang. Jika ingin memakai mata pisau tipe reel, Anda juga harus memberikan perhatian ekstra pada perawatan rumputnya.

5. Untuk memotong rumput yang tinggi, cari pemotong dengan mata pisau round blade, bilah, atau senar

Mata pisau berbentuk round (circular) memiliki blade seperti disc yang berputar secara horizontal saat memotong rumput. Jika tipe reel seperti gunting, tipe round blade seperti pisau. Tipe round blade lebih mudah dipakai untuk memotong rumput panjang yang sulit dipotong oleh tipe reel.

Spesial bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk memangkas rumput secara berkala, tipe ini sangat direkomendasikan. Tipe ini juga lebih unggul dari segi perawatan mata pisaunya karena mudah dilepas dibandingkan tipe reel.

Seperti round blade, mata pisau tipe bilah (blade) dan senar juga memotong rumput dengan berputar secara horizontal. Namun, ketiganya memiliki karakteristik dan daya potong yang berbeda. Kami akan menjelaskan perbedaan di antara ketiga mata pisau tersebut.

Mata pisau tipe round blade

Mata pisau ini umumnya ada pada mesin potong rumput gendong. Tipe round blade cocok untuk memotong rumput yang tinggi dan rimbun, bahkan tanaman kayu berdahan tipis.

Mata pisau tipe bilah

Tipe ini merupakan mata pisau standar yang terdapat pada mesin potong rumput gendong. Anda bisa menggunakannya untuk memotong rumput yang pendek hingga tinggi dan tanaman berbatang lunak. Namun, jangan sampai Anda mengarahkan mata pisau terlalu mepet ke tanah agar terhindar dari benturan batu.

Mata pisau tipe senar

Untuk memotong rumput yang tinggi berjarak renggang, mesin potong rumput dengan pemotong senar adalah pilihan tepat. Tipe ini tidak direkomendasikan untuk memotong rumput rimbun dan semak. Tipe senar lazim ditemui pada mesin potong rumput listrik dan baterai. Karena tidak berbahan logam, tipe senar lebih aman dan praktis untuk merapikan rumput di halaman rumah Anda.

Rekomendasi mesin potong rumput diatas dapat dilihat harganya di situs jual beli OLX. Harga yang ditawarkan untuk mesin potong rumput berbahan bakar bensin berada di kisaran Rp 1.200.000 sampai dengan Rp 1.800.000. Sedangkan untuk mesin potong rumput listrik, berkisar antara Rp 150 ribu sampai dengan Rp 450 ribu.