Sempat Ancam Lapor Polisi, Robby Purba Minta Maaf Terkait Video Viral Sekuriti Pukul Anjing

ERA.id - Presenter Robby Purba kini minta maaf setelah sempat ancam balik netizen yang menghujatnya usai ikut memviralkan sekuriti Plaza Indonesia yang pukul anjing. Ia mengunggah video permintaan maaf tersebut di Instagramnya pada Minggu (9/6/2024). 

Robby mengatakan ia meminta maaf dengan tulus atas permasalahan tersebut dan tidak dipaksa oleh pihak mana pun. Ia mengaku awal ikut mengunggah video sekuriti memukul anjing karena ia sangat menentang kekerasang terhadap hewan dan butuh penjelasan lebih dari pihak terkait. 

Namun, ia memang tidak menyangka bahwa efek postingannya cukup besar. Ia juga mengakui kesalahan tidak membuka diri atau menerima atas klarifikasi sang sekuriti yang sudah menjelaskan bahwa ia memukul anjing untuk menyelamatkan anak kucing yang diserang anjing itu.

“Aku tidak akan cari pembelaan, aku tidak akan cari pembenaran. Memang seharusnya sejak awal ketika menyaksikan video klarifikasi dari handler (sekuriti), seharusnya hati aku lebih terbuka untuk menerima alasan dan menerima semuanya tanpa harus mencari pembenaran dan juga pembelaan,” kata Robby Purba.

Robby mengaku menyesal atas perbuatannya dan sikapnya dalam menghadapi masalah pemukulan anjing ini. Ia juga menyadari banyak pihak yang berujung terkena dampak buruk atas kasus ini, terutama sekuriti yang berakhir kehilangan pekerjaannya.

“Jadi aku sungguh menyesal atas apa yang telah aku perbuat. Aku sadar sangat banyak pihak yang dirugikan atas video reposted yang aku bagikan. Aku sadar pihak yang tersakiti juga, khususnya kepada seorang bapak yang punya anak dan istri yang mungkin saja sekarang sudah kehilangan pekerjaannya,” tuturnya. 

“Kalau pun yang aku lakukan kemarin seperti tidak memanusiakan manusia, aku minta maaf sekali, aku mohon maaf sekali,” tambahnya.

Robby juga mengaku terbuka untuk membantu sekuriti tersebut ke depannya. Ia meminta sekuriti bernama Nusarius itu untuk menghubunginya jika butuh sesuatu.

“Saya minta maaf banget. Kalau butuh apa-apa, hati saya pintu rumah saya terbuka buat bapak. Saya mohon maaf ya pak,” jelasnya.  

Tak hanya itu, Robby Purba juga membahas tentang dirinya yang sebelumnya melaporkan netizen yang menghujatnya. Kini ia mengaku terima kasih atas kritik dan hujatan netizen tersebut karena sudah membantunya untuk menyadari kesalahan.

Seperti diketahui, belum lama ini media sosial dihebohkan dengan video seorang sekuriti di Plaza Indonesia memukul anjing penjaga, yang membuat publik geram, termasuk Robby Purba. Ia mengunggah video pemukulan anjing tersebut di media sosialnya dan meminta pihak mal memberikan sanksi tegas terhadap sekuriti. 

Pihak mal kemudian langsung memberikan sanksi dengan memecat sekuriti tersebut, yang bahkan membuat sekuriti bernama Nasarius itu dipecat. Namun, belakangan beredar tayangan CCTV yang merekam lengkap momen pemukulan terhadap anjing tersebut. 

Sang sekuriti ternyata memukul anjing dengan reflek karena ingin menyelamatkan seekor anak kucing yang diserang oleh anjing tersebut. Nasarius juga sudah memberikan klarifikasinya yang membuat netizen simpati, dan kemudian menghujat orang-orang yang memviralkan kejadian ini termasuk Robby Purba.