Hotman Paris Kurban Sapi dari Hasil Bisnis Club, Netizen Julid: Uang Halal atau Haram?

ERA.id - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea rupanya rutin kurban sapi saat perayaan Idul Adha. Pengacara berdarah Batak ini berkurban seekor sapi dengan berat lebih dari 400 kilogram.

Hotman Paris bersama pihak dari HWG (Holywings Group) menyerahkan sapi yang bakal jadi hewan kurban untuk Idul Adha. Bapak anak tiga ini memberikan sapi kepada Ustaz Derry Sulaiman. 

"Saya mewakili Hotman 911 dan HWG datang menemui Pak Ustaz Derry Sulaiman untuk menyerahkan kurban sapi dari kami. Mudah-mudahan berkenan untuk menerima Pak Ustaz," kata Hotman Paris, dikutip dari unggahan akun video Instagram @hotmanparisofficial. 

Hotman Paris mengaku tidak sanggup ikut menyembelih hewan kurban miliknya. Dia menyerahkan proses penyembelihan tadi kepada tim Ustaz Derry Sulaiman.

"Sebenarnya saya melihat sapi itu dari kecil melihat kerbau atau sapi dipotong kasihan. Tapi kalau makan ya suka," jelasnya.

Ustaz Derry Sulaiman mengatakan pengacara berusia 65 tahun ini memang rutin ikut kurban setiap tahunnya, tetapi tidak pernah dipublikasikan.

"Ya ini amalan Bang Hotman dan Bang Ifan setiap tahun, cuma baru tahun ini yang dipublish," imbuh Ustaz Derry Sulaiman.

Unggahan itu dibanjiri respons netizen. Sebagian netizen memuji Hotman Paris. Namun, sebagian lainnya justru berkomentar julid.

Pasalnya ada yang merasa  uang untuk membeli sapi tidak dari uang yang halal. Holywings merupakan cabang bar dan klub malam yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

"Bukan seorang muslim tapi ikut menyumbang qurban untuk saudaranya yang Muslim, respect," komentar akun @inferamahen****.

"Mantap bang Hotman ini karena tidak fanatik. Bang Hotman berjiwa nasionalis," tulis akun @yaf_l****.

"Qurban dari bisnis club, halalkah?" kata akun @naufal*****.

"Hasil uang haram untuk hewan Qurban. Ya sudahlah kalau atas nama pribadi masih enak libatnya. Ini atas nama PUB Holliwing." lanjut akun @martinhilinaa*****.