Tetap Segar dan Tahan Lama, 5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

ERA.id - Sebentar lagi, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Perayaan itu pun selalu identik dengan stol daging sapi, kambing atau domba. 

Bagi yang memiliki daging kurban, sepertinya perlu mengetahui tips atau cara menyimpan daging kurban di kulkas tetap segar.

Berikut 5 cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap segar dan tahan lama, seperti dilansir dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). 

1. Jangan mencuci daging kurban 

Pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan mencuci daging kurban. Sebab daging kurban mengeluarkan bau tak sedap apabila dibilas dengan  air.

Selain itu, daging kurban yang terkena air akan meresap ke serat dan membuat daging cepat membusuk.

2. Potong daging kurban jadi beberapa bagian 

Memotong daging kurban menjadi beberapa bagian akan mempermudah proses pencairan daging. Selain itu, daging yang sudah dipotong-potong dapat mempercepat saat dimasak. 

Daging kurban dapat dipotong sesuai dengan porsi yang kamu inginkan. 

3. Tidak menyampur daging dengan makanan lain

Sebaiknya daging kurban tidak dicampur dengan makanan lain saat ada di kulkas. Hal ini dilakukan agar daging tetap segar dan tidak tercampur bakteri dari makanan lain. Sebaiknya, kamu menyiapkan tempat khusus dalam menyimpan daging kurban di kulkas. 

4. Marinasi daging kurban 

Kamu dianjurkan untuk marinasi atau membumbui daging kurban sebelum disimpan di kulkas. Hal ini dilakukan agar daging yang kita simpan dapat tahan lama.

Bumbu seperti kunyit, garam dan lainnya dapat membunuh bakteri pada daging. Hal ini bisa membantu kualitas daging menjadi lebih terjaga.

5. Jangan terlalu lama menyimpan daging di kulkas 

Ada batasan waktu menyimpan daging kurban di kulkas agar masih layak dikonsumsi. Maka dari itu, usahakan jangan terlalu lama menyimpan daging kurban karena akan membuat daging menjadi tidak segar lagi. Agar daging kurban bisa bertahan lama, simpanlah daging di dalam freezer, bukan di chiller.