Pesawat Wakil Presiden Malawi Diduga Jatuh di Hutan, Kondisi Belum Ditemukan

ERA.id - Sebuah pesawat yang membawa wakil presiden Malawi, Saulos Chiliman, diduga jatuh di hutan di negara bagian tersebut. Pesawat itu sejauh ini belum ditemukan.

Pejabat tinggi militer Paul Valentino Phiri mengatakan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan terhambat oleh cuaca berkabut di sekitar Hutan Chikangawa yang mempengaruhi jarak pandang.

Saulos Chiliman berada di dalam pesawat militer bersama sembilan orang lainnya yang meninggalkan ibu kota Lilongwe pukul 09.17 pagi waktu setempat, Senin (10/6).

"Pesawat tersebut dijadwalkan mendarat di bandara Mzuzu pada pukul 10:02 tetapi tidak dapat mendarat karena jarak pandang yang buruk dan diperintahkan untuk kembali ke ibu kota," kata Presiden Lazarus Chakwera, dikutip Reuters, Selasa (11/6/2024).

Otoritas penerbangan gagal melakukan kontak dengan pesawat tersebut sejak hilang dari radar. Menteri Penerangan Malawi mengatakan negaranya telah meminta bantuan badan antariksa Angola untuk menemukan pesawat tersebut.

"Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya tidak menyia-nyiakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu dan saya memegang teguh harapan bahwa kita akan menemukan korban yang selamat," ujar Lazarus.

Di sisi lain, United Transformation Movement (UTM), mengatakan mereka kecewa dengan operasi pencarian pesawat yang membawa wakil presiden Malawi itu. Pejabat UTM menuduh pencarian baru dilakukan pukul 15.00 meski pesawat dilaporkan hilang pukul 10.00.

Diketahui mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri juga berada dalam penerbangan yang lepas landas dari ibu kota, Lilongwe, pada Senin pagi. Pesawat tersebut dimaksudkan untuk mendarat di bandara di utara kota Mzuzu, namun dibatalkan karena jarak pandang yang buruk.

Chilima telah menjadi wakil presiden Malawi sejak 2014. Ia sangat dicintai di Malawi, khususnya di kalangan pemuda. Namun, Chilima ditangkap dan didakwa pada tahun 2022 atas tuduhan menerima uang sebagai imbalan atas pemberian kontrak pemerintah.

Bulan lalu, pengadilan membatalkan dakwaan tersebut, tanpa memberikan alasan atas keputusan tersebut. Chilima menikah dan memiliki dua anak.