Bangunan Perumahan Pekerja di Kuwait Kebakaran, 41 Orang Tewas Terpanggang

ERA.id - Kebakaran besar terjadi di sebuah gedung di distrik Mangaf selatan, Kuwait. Kebakaran itu sedikitnya menewaskan 41 orang.

Menurut keterangan pihak berwenang setempat, kebakaran terjadi pada Rabu (12/6) pagi di distrik Mangaf selatan. Selain menewaskan 41 jiwa, kebakaran itu juga melukai puluhan orang.

Diketahui daerah tersebut banyak dihuni oleh pekerja asing, namun belum ada informasi mengenai kewarganegaraan para korban.

Wakil Perdana Menteri Sheikh Fahad al-Yousuf al-Sabah memerintahkan penangkapan pemilik bangunan tersebut saat berkunjung ke lokasi tersebut.

"Sayangnya, keserakahan pemilik real estatlah yang menyebabkan masalah ini," kata Sheikh Fahad, dikutip Al Jazeera, Rabu (12/6/2024).

Pihak berwenang mengatakan api dapat dikendalikan dan sedang menyelidiki penyebab kebakaran itu. Menurut seorang komandan senior polisi, bangunan tempat kebakaran itu dulunya adalah tempat tinggal para pekerja dengan jumlah yang banyak.

"Bangunan tempat terjadinya kebakaran dulunya merupakan tempat tinggal para pekerja, dan jumlah pekerja di sana cukup banyak. Lusinan orang berhasil diselamatkan, namun sayangnya ada banyak korban jiwa akibat menghirup asap dari api,” kata seorang komandan senior polisi kepada TV pemerintah.

"Kami selalu waspada dan memperingatkan agar tidak memasukkan terlalu banyak pekerja ke dalam akomodasi perumahan," sambungnya.

Kendati demikian, kepolisian Kuwait tidak memberikan rincian tentang jenis pekerjaan atau tempat asal pekerja tersebut.