Joko Anwar Ungkap Cari Inspirasi Film dengan Street Photography

ERA.id - Sutradara ternama Indonesia, Joko Anwar mengungkap bahwa street photography merupakan salah satu caranya untuk menemukan inspirasi dalam membuat film. Menurutnya dengan melakukan street photography ia bisa memotret banyak hal, yang membimbingnya mendapatkan sebuah cerita.

“Mengenai kamera merupakan hal terpenting ya karena saya sebagai seorang sineas. Sebelum saya membuat film, cara saya mencari inspirasi untuk mendapatkan cerita, shot, karakter, itu adalah dengan cara mengamati dan street photography,” ungkap Joko Anwar saat acara Vivo X100 Series, di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, pada Rabu (12/6/2024).

Saat melakukan street photography, bagi Joko Anwar kamera merupakan sebuah hal yang sangat penting. Ia selalu hanya menggunakan kamera handphone yang mumpuni, yang membuatnya bisa mengabadikan berbagai angle kehidupan di setiap perjalanannya.

“Ketika saya street photography yang paling convenient untuk saya bisa fokus mencari inspirasi ketika saya membawa kamera yang simple dan dari tahun ke tahun, Vivo memberikan sahabat bagi saya untuk bisa meng-capture kehidupan, manusia,” tuturnya.

Belakangan sutradara film Pengabdi Setan itu sering menggunakan handphone keluarga terbaru yakni Vivo X100 Series Pro.  Kamera handphone tersebut bisa menangkap gambar melebihi apa yang Joko Anwar lihat secara langsung, yang membantunya menemukan banyak ide film.

“Sekarang dengan Vivo X100 Series Pro, yang saya sudah gunakan, saya bisa meng-capture manusia lebih dari mata. Jadi mata saya menangkap, ketika saya abadikan dengan itu betul diterjemahkan kayak hidup. Saya bilang keluar dari screen, kualitas dari kameranya itu sangat bagus,” jelasnya.

“Kayak bawa kamera profesional dengan kit lengkap lensa dalam satu devise yang sangat simple dan fleksibel. Ini bukan hanya sangat mudah, tapi bisa menginspirasi saya menemukan ide-ide,” tambah Joko Anwar.