Tidak Sulit, Cara Dion Wiyoko Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak

ERA.id - Aktor Dion Wiyoko kerap mengajak anaknya, Gianna Mae Wiyoko untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah. Rupanya, Dion Wiyoko punya cara sendiri agar anaknya mau menerapkan hidup yang bersih.

Bagi Dion Wiyoko, menerapkan hidup sehat tidaklah sulit. Maka dari itu, ia tidak susah menerapkan kebiasaan ini kepada anaknya. Awalnya, suami Fiona Anthony memberikan pengertian kepada anaknya betapa pentingnya menjaga lingkungan. Sebab, beberapa pelosok Tanah Air masih krisis air bersih.

"Memang beberapa tahun lalu, saya ke pelosok Indonesia timur, barat. Memang  benar, anak Indonesia susah dapat air bersih. Itu benar adanya. Saya datang ke toilet, saya cuci tangan memang akses susah. Jauh dari kata layak," jelas Dion Wiyoko, saat ditemui di Jl. Gunawarman, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (13/6/2024).

"Ini mengkhawatirkan apa memang bisa bentuk gerakan dibantu. Ini akhirnya membawa saya menerapkan perilaku kehidupan sehat ke keluarga terutama anak," lanjutnya.

Bintang Cek Toko Sebelah ini mengatakan betapa pentingnya mengajak anak untuk mencuci tangan, tubuh, hingga pakaian sendiri agar selalu bersih dan sehat.

"Membersihkan baju, tubuh, tangan itu sensory play. Mencuci pakaian, mandi, cuci tangan dengan fun. Memorinya gampang masuk (untuk anak), karena sehat itu penting adanya," bebernya

Dion Wiyoko mengatakan tahapan awal yang diterapkan orangtua dan anak untuk hidup bersih dimulai dari konsisten. Menurutnya, pola hidup bersih bisa dimulai dengan diperhatikannya kebersihan pakaian dan tubuh.

"Sebenarnya tipsnya sederhana dan mudah pengaplikasian, namun susah konsitensi. Ini susah menerapkan ke keluarga dan orang terdekat. Mereka harus bersih tangan pakaian tubuh," katanya.

Dion Wiyoko mengatakan anak awalnya harus diterapkan dengan mencuci dan mengenakan pakaian bersih. Setelah itu, terapkan anak agar rajin mandi dan cuci tangan.

"Pertama bersih pakaian. Kalau tubuh bersih tapi pakaian nggak, kayaknya nggak pas. Saya bilang sama anak, ganti pakaian bersih sudah jemur dibawah matahari. Cuci tangan berkala, membersihkan tubuh, kaki, keramas," paparnya.

Selain itu, Dion Wiyoko meminta anaknya agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Dion Wiyoko kerap menyumbangkan barang-barang tak terpakai supaya tak menumpuk di rumahnya.

"Diri kita harus bersih ini lingkungan harus sehat, membuang sampah. Jangan biarkan barang tak terpakai. 3-4 bulan kalo nggak terpakai, disumbangkan sodara ke temen. Jadi, nggak menumpuk di rumah. Itu sehat terlindungi." lanjutnya.