Tak Mau Kalah dengan Jan Ethes, Kaesang Bagi Buku Tulis Bertandatangan Dirinya ke Warga Cempaka Putih

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Jami Al Huda, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024). Kehadirannya pun mengundang perhatian warga setempat.

Setelah menunaikan ibadah salat, sejumlah anak-anak dan remaja tampak mengerumuni area masjid untuk melihat dari dekat putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Mereka bahkan memanggil nama Kaesang.

Namun, ada momen lucu saat anak-anak itu berupaya menarik perhatian Kaesang. Seorang anak justru memanggil Kaesang dengan nama sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

"Kaesang Gibran," teriak seorang anak.

"Bukan, Kaesang Pangarep," jawab anak lainnya mengoreksi.

"Kaesang, follback," teriak anak yang lainnya yang diikuti ketawa dari warga serta anggota tim Kaesang.

Puluhan anak-anak dan remaja itu mendapatkan buku tulis dengan sampul doodle art bergambar bintang-bintang, pesawat ulang-alik, hingga astronot. Namun, buku tulis itu tidak dibagikan langsung oleh Kaesang, melainkan beberapa anggota timnya.

Pada sampul depan buku itu, terdapat tulisan 'Rajin Belajar dan Membaca adalah Jalan Ninjaku'. Sedangkan di bagian belakangnya tertulis, 'Kaesang Pangarep'.

Anak-anak di Cempaka Putih pamer buku tulis dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Era.id/Flori Sidebang)

Kemudian, di halaman pertamanya terdapat tanda tangan Kaesang yang disertai pesan, "Salam penuh sayang, Kaesang Pangarep".

Tak hanya membagikan buku, Kaesang pun melanjutkan kegiatannya dengan mentraktir warga setempat makan di sebuah warung gerobak mie ayam. Lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari masjid tempatnya melaksanakan salat Jumat.

Pria yang diisukan maju dalam Pilkada Jakarta 2024 ini menyebut, tak ada tujuan tertentu dari kegiatannya. Dia mengeklaim, pembagian buku tulis bagi anak-anak juga hanya sebagai bentuk souvenir.

"Ya gapapa kan souvenir, biasa, selalu membawa barang aja untuk berbagi sama anak-anak," ujar Kaesang.

Kaesang menjelaskan, alasannya memilih Cempaka Putih menjadi lokasinya blusukan karena dahulu ia sempat mendirikan perusahaan di wilayah tersebut. Namun, dia tak menjelaskan lebih rinci soal perusahaan yang dimaksud.

"Dulu saya ini ngantor di Cempaka Putih. Jadi kenapa? Ya udah, balik lagi ke sini," jelas dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia terpilih Gibran Rakabuming Raka membagikan susu, gantungan kunci, hingga buku bergambar anaknya Jan Ethes ke anak-anak di Surabaya, Kamis (6/6), seusai mengunjungi kediaman Khofifah Indar Parawansa.

Anak sulung Presiden Jokowi itu membagikan susu, gantungan, dan buku di SDN Margorejo VI yang hanya berjarak sekitar 15 meter dari rumah mantan Gubernur Jatim periode 2019-2024.