Kaesang Akan Pilih Anies Ketimbang Ridwan Kamil Jika Maju Pilkada DKI

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep belum memutuskan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Namun, jika nantinya diusung, ia lebih memilih berpasangan dengan Anies Rasyid Baswedan ketimbang Ridwan Kamil (RK).

Sebab, menurut Kaesang, berdasarkan hasil survei, elektabilitas Anies saat ini lebih baik dibandingkan RK.

"Ini kan saya belum bisa, saya kan juga belum dicalonkan juga dan kalau misalnya melihat survei, ya paling realistis dengan Pak Anies," kata Kaesang usai blusukan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024).

Meski demikian, putra bungsu Presiden Joko Widodo ini mengaku tidak mempersoalkan bakal dipasangkan dengan Anies maupun RK. Ia menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta dan eks Gubernur Jawa Barat tersebut memiliki kinerja yang baik dalam memimpin daerah.

"Sama-sama baik, semuanya orang heba. Pak Anies kan kemarin juga salah satu capres juga saya suka nonton dulu 'Desak Anies', itu juga bagus. Pak RK juga cukup bagus semua berkiprah di Jabar," tegas Kaesang.

"Semuanya bagus, enggak ada masalah semua, kita komunikasi dengan semuanya," imbuh dia.

Sebelumnya, nama Kaesang diisukan bakal maju dalam Pilgub Jakarta. Bahkan, DPW PKB juga sudah membuka peluang menduetkan Anies dengan Kaesang. Keduanya dinilai cocok jika berpasangan menjadi calon pemimpin Jakarta mendatang.

"Kita terbuka termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 12, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (12/6).

Hasbiallah mengeklaim komunikasi DPW PKB Jakarta dengan jajaran PSI sudah dilakukan. Ia yakin langkah ini jadi pembuka dalam menatap Pilgub Jakarta bersama-sama.