Emak-Emak Curi Daging Kurban Terekam CCTV di Sidoarjo, Begini Kronologinya

ERA.id - Pencurian daging kurban yang dilakukan seorang ibu-ibu terekam kamera CCTV di salah satu rumah Perumahan Grand Surya, Dukuh Tengah, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin (17/6/2024).

Diketahui ibu tersebut juga melakukan hal yang sama di beberapa rumah lain yang menjadi sasaran pencurian daging jatag kurban, di kawasan tersebut.

Dalam rekaman video CCTV, tampak ibu-ibu tersebut awalnya melewati rumah rumah korban menaiki sepeda motor. Kemudian, berhenti di depan pagar rumah korban.

Depan pagar rumah korban di teras rumah ada kantong plastik yang berisi daging kurban yang menggantung di bagian dalam pagar.

Melihat kantong plastik itu, pelaku tersebut langsung nekat mengambil kantong plastik penuh daging itu, dan dengan cepat dia kabur dari lokasi.

Pepen Sarbini, penjaga keamanan perumaha tersebut menyebut dalam rekaman CCTV lokasi kejadian itu terjadi di sebuah rumah yang berada di Blok A.

Diketahui, pelaku melakukan aksi curi daging kurban warga itu terjadi sore hari sekitar pukul 17.00.

“Saat itu kondisi rumah tersebut dalam keadaan kosong. Jadi itu rumah sekaligus tempat gym milik warga, saat itu warga posisi berada di asalnya di Surabaya,” kata Pepen, kepada awak media, Rabu (19/6/2024).

Kata Pepen seluruh warga perumahan itu memang sudah mendapatkan jatah daging kurban masing-masing seberat satu kilo. Sehingga, jika warga tidak ada di rumah, maka jatah daging kurban ini digantungkan di pagar rumah warga masing-masing.

“Ya kalau dipanggil gak nyaut digantungkan gitu ke pagar rumah warga,” ujarnya.

Saat diperiksa rekaman CCTV, lanjut Pepen menerangkan bahwa pihaknya tidak mengenali ibu-ibu yang mencuri dagjng kurban. Tetapi, pelaku itu bukan warga perumahan.

“Kelihatannya bukan warga sini, enggak pernah lihat motornya, wajahnya juga enggak, lagian semua dapat jatah juga,” katanya.

Lebih lanjut Pepen menyampaikan berdasarkan aduan, pencurian daging kurban ini tak hanya terjadi di Blok A. Sebelumnya, Blok perumahan lain juga mengalami kejadian yang sama.

“Katanya juga ada di blok C dan D yang daging kurbannya diambil orang, kemungkinan ada lagi tapi nggak lapor,” jelasnya.

Sementara dari pihak kepolisian, Kapolsek Buduran, SidoarjoKompol Hery Setyo Susanto mengaku pihaknya belum mendapat laporan terkait aksi pencurian jatah daging kurban tersebut.

“Nggak ada laporan ke kantor. Coba saya cek,” pungkasnya.