Gerindra Pertimbangkan Kaesang Jadi "Cadangan" Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengaku, partainya punya opsi cadangan apabila Ridwan Kamil tak jadi maju sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

"Segala macam opsi sudah ada. Kalau enggak bisa A ya B, kalau B ya C," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Salah satu nama yang dipertimbangkan menjadi opsi yaitu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Menurutnya, selama Kaesang memenuhi syarat untuk dicalonkan sebagai kepala daerah, tentu tidak menutup kemungkinan untuk diusung.

"Kaesang kan memenuhi syarat untuk maju, jadi saya sendiri enggak akan terkejut misalnya suatu saat Mas Kaesang maju, enggak ada masalah menurut saya tapi keputusannya nanti disampaikan," kata Habiburokhman.

Dia mengaku Partai Gerindra tak memaksakan harus mencalonkan tokoh tertentu atau menang di daerah tertentu.

Namun juga tak menampik bahwa partainya ingin semua calon yang diusung bisa menang di seluruh provinsi.

"Ya kalau bisa kader Gerindra maju dan menang bagus, kalau bisa kader partai Koalisi Indonesia Maju dan menang bagus, tapi kalau memang enggak bisa maju atau maju dan kalah ya bukan kiamat juga kok, enggak ada masalah gitu lho," katanya.

Ridwan Kamil yang notabene kader Partai Golkar, didorong sejumlah partai politik untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024.

PAN dan Gerindra sempat mengklaim bahwa koalisi sudah sepakat mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Belakangan klaim itu dibantah Partai Golkar.

"Pak Airlangga yang informasi ke kami masih butuh waktu untuk didiskusikan. Makanya kalau sudah sepakat kan sudah diputuskan, nah sampai sekarang kan belum diputuskan," kata Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu (19/6)..