Bukan Dorongan Partai, Gerindra Ungkap Ridwan Kamil yang Minta Maju di Pilkada Jakarta

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, dorongan memajukan Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 tak hanya berasal dari partai-partai politik. Melainkan keinginan dari Ridwan Kamil sendiri.

Menurutnya, Ridwan Kamil pernah menyampaikan sendiri keinginannya maju di Pilkada Jakarta ketimbang Pilkada Jawa Barat.

"Silahkan dicek bahwa pada waktu itu kan yang minta mau maju Jakarta kan Pak Ridwan Kamil," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Selain itu, dia juga membantah bahwa Partai Gerindra yang paling mendorong memajukan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta mendatang.

Dasco mengungkapkan, dalam suatu pertemuan dengan sejumlah partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM), partai lainnya juga menghendaki Ridwan Kamil berlaga di Jakarta. Salah satunya yaitu Partai Golkar.

"Sebenarnya nggak dibilang Gerindra saja lho. Itu rapat partai koalisi, termasuk Golkar yang ikut," tegasnya.

"Keputusan untuk memajukan Kang Ridwan Kamil pada waktu itu, itu adalah pembicaraan rapat koalisi. Termasuk ada Golkar," imbuh Dasco.

Terkait munculnya berbagai pertimbangan apakah Ridwan Kamil sebaiknya berlaga di Pilkada Jakarta atau Pilkada Jawa Barat, menurutnya itu bagian dari dinamika politik.

Wakil ketua DPR itu menegaskan, Partai Gerindra juga tak memaksakan harus mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

"Ya ini namanya dinamika yang mungkin dinamika yang juga harus dibicarakan. Kita bukan kartu mati harus Pak Ridwan Kamil, gitu," kata Dasco.

Diketahui, dinamika politik jelang Pilkada Jakarta 2024 kian menghangat setelah kemunculan sejumlah nama yang digadang maju sebagai bakal calon gubernur.

Belakangan terjadi tarik menarik di internal KIM untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Partai Gerindra dan PAN mengklaim KIM sepakat mengusung Ridwan Kamil, bahkan sudah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo.

Sementara Partai Golkar mengklaim belum ada keputusan apapun untuk menempatkan kadernya. Selain itu, partai berlambang pohon beringin itu masih mempertimbangkan memajukan Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat.