Cegah Kanker Serviks, Nigeria Vaksinasi Tujuh Juta Anak Perempuan dalam Dua Minggu

ERA.id - Nigeria telah melakukan vaksinasi terhadap tujuh juta anak perempuan di seluruh negeri untuk melawan kanker serviks. Program ini berjalan selama dua minggu.

Program vaksinasi selama dua minggu ini merupakan langkah besar menuju perlindungan anak perempuan dan perempuan terhadap penyakit yang mengancam jiwa. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Kesehatan Nigeria, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), Gavi Vaccine Alliance, serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ini merupakan terobosan besar dalam kesehatan anak perempuan di Nigeria. Hanya dalam dua minggu, 7 juta anak perempuan telah menerima vaksinasi human papillomavirus (HPV)," kata Sania Nishtar, CEO aliansi vaksin, dikutip Anadolu, Kamis (20/6/2024).

HPV adalah infeksi umum yang menyebar melalui hubungan seks. Bentuk virus yang berisiko tinggi dapat berkembang menjadi kanker serviks.

Pada bulan Oktober 2023, Nigeria memperkenalkan vaksin HPV tahap pertama ke dalam program imunisasi rutinnya untuk memerangi kanker serviks, yang merupakan penyebab kematian akibat kanker nomor dua pada wanita.

Menteri Kesehatan Nigeria Muhammad Ali Pate mengatakan pada peluncuran vaksinasi tahap pertama pada Oktober 2023 bahwa vaksin tersebut menargetkan anak perempuan berusia antara sembilan dan 14 tahun.