Soal Dukungan ke Anies, PDIP Tunggu Koalisi Parpol Lain untuk Pilkada Jakarta

ERA.id - Sekretaris Jendral (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi peluang partainya mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

Dia mengatakan, PDIP masih bersikap dinamis terkait persiapan Pilkada Jakarta 2024.

“Ya nanti terkait dengan Pilkada Jakarta masih sangat dinamis,” kata Hasto di  Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/6/2024) kemarin.

Untuk mendukung calon kepala daerah di Jakarta, PDIP masih membuka peluang berkoalisi kepada partai politik (Parpol) lain untuk menentukan kandidat Cagub Jakarta siapa yang akan didukung ataupun mengusung kadernya sendiri.

“Yang jelas PDIP terus membuka ruang kerjasama dengan parpol yang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut Hasto menerangkan nama kader PDIP yang digadang-gadang masih kemungkinan diusul menjadi calon Gubernur yakni Tri Rismaharini. Namun, menteri sosial itu dimungkinkan akan maju di Pilgub Jawa Timur (Jatim).

“Bu Risma namanya ada yang mengusulkan sebagai calon gubernur (Jatim),” ucapnya.

Kemudian ada nama lain yang diusulkan antara Pilkada Jakarta atau Pilkada Jatim yakni  Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

“Demikian pula ada Pak Pramono Anung, ada yang mengusulkan baik di Jakarta maupun Jatim,” terangnya.

Sisi lain, Hasto menambahkan, saat ini PDIP masih fokus untuk mempriotaskan Pilkada di tingkat Kabupaten/Kota. Pihaknya juga telah mengeluarkan ratusan rekomendasi untuk calon kepala daerah.

“Sekala prioritas saat ini kami fokus di tingkat kabupaten/kota. Dan rekomendasi yang dikeluarkan saat ini sudah lebih dari 130,” pungkasnya.