Singgung Tabiat Pasangan, Psikolog Tanggapi Isu Retaknya Hubungan Ayu Ting Ting dan Lettu Fardhana

ERA.id - Isu keretakan hubungan Ayu Ting Ting dan Lettu Fardhana masih menjadi sorotan publik. Isu keretakan hubungan mereka diperkuat dengan laman akun Instagram Lettu Fardhana yang tak lagi terdapat foto pelantun lagu "Alamat Palsu" ini. 

Bahkan, isu ini mendapatkan sorotan dari psikolog Nurcahyati. Baginya, hubungan yang tiba-tiba kandas usai melakukan acara pertunangan sangat wajar.

"Hubungan yang sudah direncanakan baik tiba-tiba harus kandas atau putus menurut saya itu satu hal yang lumrah," kata Nurcahyati, dikutip dari kanal YouTube Cumicumi. 

"Siapapun bisa mengalami itu," tambahnya. 

Ketika disinggung trauma dalam hubungan, Nurcahyati menganggap semua tergantung dengan kesadaran masing-masing orang akan trauma yang dialami.

"Saat seseorang di awal sebenarnya mereka menjalani hubungannya dengan sadar ya bahwa setiap hubungan itu ujungnya dua kalau nggak lanjut ya selesai gitu ya," jelasnya. 

"Kalau dia sudah punya kesadaran sebaik itu maka setiap akhir dari hubungan yang dia jalani entah itu akhirnya pupus, traumanya tidak akan terlalu tajam," tambahnya.

Nurcahyati menilai faktor luar maupun keluarga tak menjadi penentu putusnya jalinan asmara Ayu Ting Ting dan Lettu Fardhana.

"Kalau dibilang (faktor) keluarga atau orang lain di lingkungan (buat hubungan kandas) harusnya tidak menjadi faktor penentu kenapa hubungan itu jadi kandas," ucap Nurcahyati.

Menurutnya, faktor utama yang menentukan hubungan ini akan berakhir demikian tak lain karena masing-masing tabiat dari setiap pasangan.

"Karena biar bagaimanapun yang menentukan ketidakcocokan apakah hubungan ini layak dilanjutkan atau tidak harusnya diri sendiri sama si sama calon pasangan," lanjutnya.

Diketahui, akun Instagram milik Lettu Fardana @derazala tidak lagi memperlihatkan foto-foto kebersamaannya dengan Ayu Ting Ting. Mulai dari foto tunangan, buka puasa bersama, hingga kebersamaan dengan Bilqis sudah tidak terpampang di akun Lettu Fardana.

Lettu Fardana menggantikan foto kebersamaan dengan Ayu ting Ting jadi foto-foto lamanya ketika berdinas memakai pakaian prajurit TNI. Bahkan, sejumlah fotonya saat berada di Jepang juga ikut terhapus. 

Di satu sisi, akun Instagram Ayu Ting Ting masih terdapat foto bersama Lettu Fardana. Tak diketahui, apa penyebab Lettu Fardana menghapus foto kebersamaannya dengan mantan istri Enji Baskoro.

Sebagai tambahan informasi, Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana menggelar acara pertunangan pada Minggu (4/2/2024). Acara pertunangan itu hanya dihadiri oleh keluarga terdekat.

Ayu Ting Ting mengakui jika perkenalannya dengan Lettu Fardhana dijembatani oleh perjodohan keluarga. Ia menjalani proses ta'aruf lantaran baru berkenalan pada Januari silam. Selain itu, Ayu Ting Ting juga merasa sudah cocok dengan Lettu Fardhana.